Beranda Peristiwa Ratusan Warga Demo Pemkab Serang, Desak Cabut Izin Peternakan Ayam

Ratusan Warga Demo Pemkab Serang, Desak Cabut Izin Peternakan Ayam

Ratusan warga Desa Seuat Induk, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten demo di depan Pendopo Bupati Serang, Rabu (21/8/2019).

SERANG – Ratusan warga Desa Seuat Induk, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten demo di depan Pendopo Bupati Serang, Rabu (21/8/2019).

Dalam aksinya, mereka kembali mendesak Pemkab Serang agar mencabut  izin peternakan ayam di wilayahnya.

Koordinator aksi Zaenudin mengatakan, di desanya  ada beberapa peternakan ayam yang salah satunya ada di dekat yayasan dan pondok pesantren.

“Padahal di dekat pesantren itu ada sumber air yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar,” katanya.

Zaenudin memgaku bahwa berdasarkan informasi yang ia terima di wilayahnya juga akan didirikan dua lokasi peternakan ayam badu.

“Lokasinya satu di Kampung Sigade yang di Blok Pangasih, satu lagi belum tahu, sangat dekat dengan permukiman,” katanya.

Warga meminta Pemkab Serang mencabut izin perusahaan peternakan ayam di Kampung Sigade, Desa Seuat Induk. Warga beralasan bahwa dokumen lingkungan perusahaan tersebut diduga tidak sesuai dengan tata cara mendapatkannya.

Warga juga meminta agar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengevaluasi kinerja Dinas Perizinan dan Dinas Lingkungan Hidup. Sebab ia menilai fungsi pengawasan di dua dinas tersebut tidak efektif.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Dampak Lingkungan pada Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, Dadang Maskun Basuki mengatakan, untuk dokumen lingkungan peternakan ayam sebenarnya tidak ada masalah karena telah diproses sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini