Beranda Uncategorized Ratusan Warga Binaan Rutan Pandeglang Gunakan Hak Pilih

Ratusan Warga Binaan Rutan Pandeglang Gunakan Hak Pilih

Warga binaan Rutan Pandeglang menggunakan hak pilih. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Sekitar 200 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Pandeglang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS Khusus, yakni TPS 60 yang termasuk bagian dari Kelurahan Pandeglang.

Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Klas IIB Pandeglang Alwan mengatakan, dari 200 warga binaan yang punya hak pilih 150 diantaranya merupakan warga yang sudah masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sedangkan 50 lainnya merupakan pemilih pindahan dari TPS lain. Jika ditotal, jumlah pemilih TPS khusus ini sebanyak 223 pemilih. Penambahan itu termasuk 16 pegawai Rutan dan 7 orang lainnya petugas KPPS,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Dari 202 penghuni Rutan yang sudah terdata kebanyak pemilih laki-laki, dan 2 orang diantanya masih di bawah umur sehingga tidak memiliki hak pilih.

“Dari 200 pemilih yang terdata, mayoritas merupakan pemilih pria. Sebab hanya 10 pemilih yang tercatat bergender perempuan,” ucapnya.

Alwan menerangkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan menjelang pencoblosan 17 April. Penyelenggara Pemilu juga sudah menyelenggarakan beberapa kali sosialisasi mengenai daftar peserta Pemilu hingga tata cara memilih.

“Kami berusaha mengakomodir hak politik seluruh warga binaan meski saat ini mereka sedang menjalani masa hukuman,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ