Beranda Bisnis Ratusan UMKM/IKM Serbu Bazar Kreatif Bintang Gemilang Kabupaten Tangerang

Ratusan UMKM/IKM Serbu Bazar Kreatif Bintang Gemilang Kabupaten Tangerang

Bazar Kreatif Bintang Gemilang Bela dan Beli Produk Lokal di Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Sebanyak 150 pelaku UMKM/IKM mengikuti Bazar Kreatif Bintang Gemilang Bela dan Beli Produk Lokal di Kabupaten Tangerang. Bazar tersebut digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang untuk membantu meningkatkan perekonomian.

“Melalui bazar ini kami memfasilitasi para pelaku UMKM dan IKM untuk memasarkan produk unggulan Kabupaten Tangerang agar lebih dikenal luas oleh masyarakat,” ujar Kepala Disperindag, Ujang Sudiartono dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Dari 150 pelaku UMKM/IKM yang ikut, terbagi dalam 4 komunitas yakni komunitas sektor makan dan minum, alas kaki, industri kreatif dan kerajinan atau craft.

“Lewat kegiatan ini, kami juga berupaya memaksimalkan penggunaan Gerai Tangerang yang nantinya akan digunakan sebagai co-working space dan co-working study bagi UMKM/IKM,” katanya.

Nantinya, gerai tersebut akan digunakan pelaku UMKM/IKM untuk mengembangkan produk mereka dan menjadi etalase bagi UMKM/IKM Kabupaten Tangerang.

Tak hanya bekerjasama dengan perangkat daerah terkait, Disperindag juga mengikutsertakan lintas sektor, salah satunya institusi akademi yakni Swiss German University (SGU) sebagai perpanjangan tangan Inkubator Bisnis dan Teknologi Digital Marketing Center (IBT DMC) untuk membantu mengembangkan potensi pelaku UMKM/IKM.

Harapannya kegiatan ini menjadi awal kebangkitan para pelaku UMKM/IKM untuk bisa meningkatkan produk UMKM/IKM Kabupaten Tangerang di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang, Nina Lisnawati mengatakan, melalui kegiatan ini, para pelaku usaha dapat meningkatkan pendapatan mereka di masa pandemi.

“Dengan adanya bazar ini tentunya dapat menambah pendapatan mereka disamping berjualan online. Dan saya berharap kegiatan bazar ini dapat menginovasi para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk mereka secara berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Siswanti, salah seorang pelaku usaha yang mengikuti bazar Kreatif Bintang Gemilang menuturkan dirinya merasa terbantu dengan kegiatan seperti ini.

“Ini adalah momen yang saya tunggu selama pandemi, sebagai pelaku usaha saya merasa terbantu. Produk saya bisa lebih dikenal banyak orang,” tuturnya.

Selain menggelar bazar, dalam rangkaian acara tersebut Disperindag juga mengadakan Talkshow yang bertajuk Peran Perempuan Wirausaha dan Mendidik Anak Dalam Keluarga di Era Digital.

(Ril/Red)