Beranda Pendidikan Ratusan Siswa SD ikuti Pesta Siaga Pramuka

Ratusan Siswa SD ikuti Pesta Siaga Pramuka

Ratusan siswa SD ikuti Pesta Siaga. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) se-Provinsi Banten mengikuti pembukaan dan aneka lomba dalam Pesta Siaga 2019 di Lapangan Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Pesta Siaga tahun ini mengambil tema “Gembira, Ceria, dan Berbudaya”.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Bina Muda Kwarda Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, pesta siaga merupakan acara rutin tahunan dengan tujuan melakukan pembinaan bagi anggota pramuka tingkat siaga.

“Para Ananda harus lebih menyayangi keluarga seperti janjinya dalam Dwi Dharma Pramuka. Ananda harus sayang sama ayah dan bundanya.” ucap Eneng Nurcahyati, Rabu (14/8/2019).

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten ini menjelaskan, selain sayang ayah dan ibu, peserta pesta siaga juga dibimbing untuk lebih mencintai budaya, mengetahui para pahlawan, serta keterampilan dasar agar mereka siap menghadapi perkembangan di masanya nanti.

“Generasi sekarang harus disiapkan dalam menghadapi era 4.0. Jadi pramuka dari siaga harus diarahkan siap menghadapi perubahan  zaman. Dan itu harus dilakukan sejak dini,” tambah Eneng.

Sementara itu Ketua Pesta Siaga 2019 Imas Masiah menerangkan, setelah pembukaan langsung digelar aneka lomba yang melibatkan seluruh peserta. Ada 9 mata lomba yang dipertandingkan untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan dasar para peserta

“Ada 9 mata lomba yg dipertandingkan yang kita sebut taman, di antaranya seperti pengetahuan agama dan budi pekerti, patriotisme, teknologi budaya, peduli lingkungan, dan lain-lain,” ucap Imas. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini