Beranda Pemerintahan Ratusan Santri Ikuti Upacara HSN Tingkat Kabupaten Lebak

Ratusan Santri Ikuti Upacara HSN Tingkat Kabupaten Lebak

Acara puncak Festival Santri Lebak ditutup dengan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019. Upacara dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak, Serta Alim Ulama.

LEBAK – Acara puncak Festival Santri Lebak ditutup dengan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019. Upacara dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak, Serta Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Lebak. Acara berlangsung di Alun-alun Rangkasbitung, Selasa (22/10/2019).

Bupati Lebak menjelaskan bahwa penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” oleh KH. Hasyim Asy’ari, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Lebih lanjut Iti mengatakan, Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Isu perdamaian diangkat berdasar fakta, bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam sebagai rahmatan lilalamin. Islam ramah dan moderat dalam beragama.

“Para santri, agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di Dunia Internasional,” kata Iti.

Sementara itu, Ketua FSPP Kabupaten Lebak Ade Bujhaeremi mengartikan Hari Santri Nasional sebagai hari kemenangan bagi para santri. Keberadaan santri sudah diakui oleh negara bahkan santri sebagai pembawa perdamaian dunia.

“Kami sebagai santri merasa bangga dan senang karena keberadaan santri sudah di akui, maka yg kita lakukan dari tanggal 18 kemaren ini adalah dari santri oleh santri untuk negeri, santri tidak hanya berpeci tapi juga berprestasi. Kami tunjukan kami berprestasi dengan dengan membawa nama Kabupaten Lebak sebagai juara umum POSPEDA 2019 dan sebelumnya sudah 5 kali berturut-turut menjadi juara umum, Ini menunjukan bahwa kami berprestasi” katanya. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini