Beranda Pariwisata Ratusan Relawan Gelar Aksi Bersih Sampah di Teluk Labuan

Ratusan Relawan Gelar Aksi Bersih Sampah di Teluk Labuan

400
0
Warga membersihkan sampah di Teluk Labuan, Pandeglang. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Ratusan komunitas, relawan, siswa dan mahasiswa di Kabupaten Pandeglang mengelar aksi bersih-bersih sampah di Kampung Nelayan II, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang.

Aksi tersebut dalam rangka aksi bersih-bersih sedunia dengan tema ‘Selamatkan Bumi Kita dari Sampah dan Jadi Bagian dari Aksi Bersejarah Ini’, Sabtu (21/09/2019).

Kepala Desa Teluk, Endin Fachrudin berharap, aksi ini menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk membuang sampah ke tempatnya dan peduli terhadap lingkungan.

“Mudah-mudahan ini menjadi suri tauladan kepada masyarakat karena ini dilaksanakan oleh para mahasiswa dan para pemuda khususnya yang ada di Desa Teluk dan ini menjadi edukasi kepada masyarakat sekitar disini supaya tidak membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Endin mengaku sudah menyediakan bak sampah di berbagai lokasi untuk menuju Desa Teluk bebas sampah tahun 2020.

“Maka kita siasati dengan kontainer. Jadi ketika tong sampah ini ditempatkan di suatu tempat dan tidak diizinkan oleh masyarakat kita bisa angkat lagi ke tempat yang lain,” katanya.

Sementara itu, seorang relawan, Fikri mengatakan, aksi bersih-bersih bukan hanya merupakan tugas pemerintah dan pihak terkait, tetapi masyarakat juga mempunyai tugas yang sama untuk membersihkan lingkungan.

“Kalau lingkungan kita bersih maka akan jauh dari penyakit. Mudah-mudahan masyarakat dan yang lain tergerak untuk melakukan aksi bersih-bersih di tempat masing-masing, karena aksi kesadaran itu dimulai dari diri sendiri,” ucapnya. (Med/Red)