Beranda Sosial Ratusan Pesilat Adu Kehebatan Jurus Maut di Atas Pentas

Ratusan Pesilat Adu Kehebatan Jurus Maut di Atas Pentas

Grup silat sedang memperagakan jurus-jurus dalam acara silaturahmi pencak silat Banten di Alun-alun Barat Kota Serang. (Wahyu/bantennews).

SERANG – Ratusan pesilat dari berbagai peguron di Banten adu ketangkasan bela diri pencak silat. Mereka memamerkan ketangkasan silat dalam acara silaturahmi pencak silat Banten yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten.

Kepala Dispora Banten Deden Apriandhi mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyediakan ruang bertemu dan bersilaturahmi para peguron yang ada di Banten. “Makanya digagas acara ini. Berkumpul para peguron menampilkan atlet dan muridnya agar termotivasi belajar silat. Baik silat sebagai olahraga dan seni budaya,” kata Deden di Alun-alun Barat, Kota Serang, Selasa (2/4/2019).

Di Banten sendiri menurut Deden terdapat jutaan pesilat, ratusan beguron dan ribuan peguron. “Makanya, kami kumpulkan dalam acara ini,” kata Deden.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tiga tahun tersebut, saat ini diikuti oleh 33 peguron yang ada di Banten. Para atlet yang umumnya masih remaja menampilkan jurus-jurus khas bela diri dari Banten. Mulai dari Bandrong, terumbu, dan sebagainya. “Kedepannya kami ingin lebih banyak lagi peserta yang mengikuti acara ini,” tandasnya.

Pesilat Banten Diakui Dunia

Perlu diketahui, pekan lalu tiga atlet pencak silat dari Banten meraih tiga kategori terbaik dari total 10 penilaian dewan juri pada Festival Pencak Silat Internasional. Dalam acara yang diikuti oleh 12 negara Asia dan Eropa tersebut, Banten meraih seni bela diri terbaik, musik (nayaga) terbaik serta koreografi terbaik. “Semuanya dari Kabupaten Lebak.”

Para atlet yang sudah mengharumkan nama Banten di tingkat internasional tersebut turut memeriahkan acara silaturahmi para pesilat Banten tersebut. “Banten dikenal sebagai daerah pesilat. Banten supaya terdengar gaungnya bagus.” (You/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini