Beranda Peristiwa Ratusan Pemudik Nekad Mudik ke Sumatera Diputar Balik Polisi

Ratusan Pemudik Nekad Mudik ke Sumatera Diputar Balik Polisi

Pemudik pemotor menuju Pelabuhan Merak

CILEGON – Ratusan sepeda motor milik pemudik yang bertahan di Pos Penyekatan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, diputar balik paksa petugas kepolisian dari Tim Jawara Polres Cilegon, Rabu (12/5/2021) dinihari.

Ratusan pengendara roda dua itu bahkan dikawal keluar hingga wilayah perbatasan Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Mereka dipaksa putar balik lantaran nekad hendak melakukan perjalanan mudik ke Pulau Sumatera ditengah aturan peniadaan mudik diberlakukan pemerintah.

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono mengatakan, pihaknya fokus mengamankan kegiatan Operasi Maung 2021 dimana dalam operasi ini ada operasi peniadaan mudik lebaran. Polres Cilegon juga dibantu Brimob Polda Banten untuk mengamankan area pos penyekatan dari pemudik yang nekad melakukan aktivitas perjalanan.

“Kami melakukan penindakan kepada setiap orang yang coba-coba untuk menerobos, untuk merangsek melanggar aturan peniadaan mudik,” kata AKBP Sigit Haryono, Kapolres Cilegon.

Menurut Sigit, ada sanksi pidana yang dapat diberlakukan kepada pelanggar aturan yang berlaku. Kendati begitu, ia tetap meminta masyarakat untuk tetap melanggar aturan peniadaan mudik tahun ini.

“Mohon sekali lagi jangan coba-coba melanggar karena petugas sudah dipersiapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wawan, salah seorang pengendara roda dua yang pukul mundur polisi mengaku, ia merupakan pekerja di Jabodetabek yang hendak pulang kampung lantaran baru mendapat cuti dari tempatnya bekerja. “Sudah tau kalau ada larangan, tapikan yang namanya kerjaan enggak bisa negoisiasi,” ucap Wawan.

Dikatakan, ia berasal dari Ciputat dan hendak ke Lampung untuk berlebaran di kampung halamannya. Menurut Wawan, meski ada penyekatan saat perjalanan menuju Cilegon, namun ia tidak menemukan adanya pemeriksaan oleh petugas.

“Dari Ciputat abis Isya, ada pos mah cuma enggak seketat disini,” katanya.

Wawan menuturkan, ia pasrah dengan kondisi yang dihadapinya saat ini. Meski begitu, Wawan belum memutuskan apakah akan kembali ke Ciputat atau tetap bertahan bersama rombongannya.

“Pasrah si, enggak tahu gimana nanti, ikut rombongan aja dulu,” terangnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini