Beranda Peristiwa Ratusan Linmas 2 Kecamatan di Pandeglang Dilatih Padamkan Kebakaran

Ratusan Linmas 2 Kecamatan di Pandeglang Dilatih Padamkan Kebakaran

Anggota Linmas praktik teknik cara memadamkan kebakaran

PANDEGLANG – Sebanyak 240 orang Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari Kecamatan Cikeusik dan Kecamatan Cibitung diberikan pengetahuan cara mengatasi kebakaran oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang. Sosialisasi dan praktik memadamkan kebakaran dilakukan di Alun-alun Kecamatan Cikeusik, Rabu (30/8/2023).

Kabid Pemadam Kebakaran pada BPBDPK Kabupaten Pandeglang, Endan Permana mengatakan, saat musim kemarau seperti sekarang bencana kebakaran kerap kali terjadi di Pandeglang. Oleh karena itu, pihaknya perlu memberikan pengetahuan cara memadamkan kebakaran pada unsur yang berada langsung di lingkungan masyarakat.

“Kegiatannya berupa sosialisasi kaitan pemadam kebakaran. Artinya Linmas dalam menghadapi musim kemarau dibekali dengan cara-cara penanganan kebakaran seperti teknik cara penanganan kebakaran karena anggota Linmas diutamakan mempunyai keahlian dalam melaksanakan kebencanaan terutama jenis kebakaran,” kata Endan.

Endan menjelaskan, saat ini pihaknya hanya memiliki 3 unit mobil pemadam kebakaran dengan wilayah tugas sebanyak 32 kecamatan dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Makanya, salah satu langkah untuk meringankan tugas mereka dengan cara membekali Linmas pengetahuan penanggulangan kebakaran.

“Karena di Pandeglang sudah pada tahu kalau mobil pemadam kebakaran cuman ada 3 unit dengan jarak tempuh jarak daerah Pandeglang yang cukup jauh, maka untuk menangani kejadian kebakaran garda terdepan itu anggota Linmas. Makanya kami bekali cara memadamkan api, diharapkan ketika kebakaran terjadi sebelum kami datang ke lokasi mungkin ada antisipasi dari anggota Linmas,” ungkapnya.

Kata dia, dalam kegiatan itu, selain teori para Linmas juga langsung diberikan praktik cara memadamkan api dengan simulasi kebakaran yang telah disiapkan oleh BPBDPK. “Simulasinya itu memadamkan api seperti Pom Mini,” terangnya.

Ia menambahkan, selain di Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikeusik kegiatan serupa juga akan dilakukan di semua kecamatan yang ada di Pandeglang.

“Ada juga di kecamatan lain. Kami dengan Bidang Mitigasi Bencana dibagi menjadi dua tugas, ada yang 18 kecamatan dan 17 kecamatan untuk mensosialisasikan dan melatih cara menanggulangi kebakaran dengan peserta anggota Linmas,” tutupnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ