Beranda Pendidikan Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Serang Kosong

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Serang Kosong

Tecatat sebanyak 8.146 pelajar di Kota Tangerang baik sekolah negeri dan swasta akan mendapat bantuan pulsa

KAB. SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang mencatat terdapat ratusan jabatan kepala sekolah pada jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) kosong.

Jabatan tersebut kosong lantaran banyaknya kepala sekolah yang sudah memasuki batas usia pensiun.
Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan bidang SD pada Dindikbud Kabupaten Serang, Dedi Mawardi mengatakan saat ini kursi jabatan kepala sekolah tingkat SD yang kosong adalah sekitar 139.

“Kalau saat ini sekitar 139 yang kosong, itu kosong karena memang banyak yang pensiun,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Senin (14/6/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD pada Dindikbud Kabupaten Serang, Amar Ma’ruf mengatakan jabatan kepala sekolah di tingkat SD yang kosong saat ini diisi oleh Pelaksana tugas (Plt).

“Kepala Sekolah SD yang saat ini kosong di isi oleh Plt dari kepala sekolah terdekat. Tapi insya Allah kita sudah menyiapkan calon untuk pengisi kepala sekolah itu. Sekarang mereka lagi mengikuti pendidikan dan pelatihan,” terang Amar.

Untuk menjadi kepala sekolah di sekolah negeri, para calon kepala sekolah (Cakep) nantinya harus mengikuti serangkaian pelatihan dan pendidikan di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kemendikbud yang berada di Solo.

“Calon kepala sekolah itu ada seleksi dan yang mengadakan calon seleksi itu LP2KS di Solo. Setelah mereka di daftarkan, mengikuti serangkaian tes, kemudian lulus maka dinas punya kewajiban melakukan bimbingan teknis. Bimbingan teknisnya di kerjasamakan dengan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan), sekarang ini masih berlanjut dan belum ada pengumumannya,” kata Amar.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini