Beranda Kesehatan Ratusan Awak dan Kru Kapal di Pelabuhan Merak Jalani Rapid Antigen

Ratusan Awak dan Kru Kapal di Pelabuhan Merak Jalani Rapid Antigen

Ratusan awak hingga kru kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon Banten mengikuti Rapid Test Antigen. Rapid test tersebut dilakukan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penyebaran Covid-19.

 

CILEGON – Ratusan awak hingga kru kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon Banten mengikuti Rapid Test Antigen.
Rapid test tersebut dilakukan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, Budiman menyatakan Rapid antigen merupakan antisipasi pihaknya untuk melakukan upaya deteksi dini terhadap seluruh pihak yang berada di Pelabuhan Merak.





“Juga masyarakat Pelabuhan Merak terutama temen-temen pelayaran baik itu pengurus dan operasional dan kru kapal sudah kita periksa. Ini mengingat peningkatan kasus baik lokal maupun nasional itu luar biasa peningkatannya. Tidak ada cara lain untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 kecuali dengan deteksi,” kata ujar Budiman disela kegiatan kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Dia menuturkan rapid antigen digelar secara bertahap dilaksanakan di Pelabuhan Merak. Hingga saat ini sudah sekitar 200 orang yang bernaung dalam organisasi Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak yang menjalani rapid antigen.

“Di Pelabuhan Merak kan saat ini tidak diberlakukan untuk rapid, tapi dilakukan random, itu menurut imbauan gugus tugas dan SE Menhub dilaksanakan random sampling di Pelabuhan Merak,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Gapasdap Merak, Togar Napitupulu mengatakan, selama pandemi setahun terakhir, sudah 20 anggotanya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga pihaknya akan terus melakukan rapid antigen secara berkala untuk memastikan awak hingga kru kapal terhindar dari Corona.

“Untuk jumlah belum kita sampaikan tapi sementara hampir 200 yang sudah dirapid. Kita masih terus lakukan. Kami berupaya memutus mata rantai kalau secara dini kita ketahui di lingkungan sini ada yang kena Covid kita bisa cegah sehingga tidak bisa menambah,” kata dia.

Insan pelayaran yang berada dalam naungan Gapasdap, lanjut Togar terus diingatkan untuk melakukan protokol kesehatan. Pihaknya juga mengklaim selalu menyiapkan masker di setiap kapal yang berlayar dari Merak ke Bakauheni.

(Man/Red/SG)