Beranda Nasional Rapat KTT Luar Biasa, Presiden Minta Negara G20 Lawan Covid-19 dan Pelamahan...

Rapat KTT Luar Biasa, Presiden Minta Negara G20 Lawan Covid-19 dan Pelamahan Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT Luar Biasa G20 yang membahas upaya penanganan Covid-19 - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT Luar Biasa G20 yang membahas upaya penanganan Covid-19. KTT ini digelar secara virtual dari pukul tujuh malam, dan saya mengikutinya dari Istana Kepresidenan Bogor.

“KTT Luar Biasa G20 digagas oleh Arab Saudi selaku ketua G20 tahun ini yang diikuti 20 negara anggota G20, tujuh negara undangan, sembilan organisasi internasional, dan dua organisasi regional,” ujar Presiden melalui Facebook resminya, Kamis (26/3/2020).

Dalam KTT ini, pihaknya mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua “peperangan” yaitu melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia.

“G20 harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan mendorong agar pandemi ini jangan sampai menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun. Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan anti-virus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO,”

“Saya juga mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19. Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi UMKM,”

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini