Beranda Politik Rano Karno Siap Maju Pilgub Banten 2024

Rano Karno Siap Maju Pilgub Banten 2024

Rano Karno membrikan keterangan kepada awak media. (Foto: Iyus/bantennews.co.id)
Rano Karno membrikan keterangan kepada awak media. (Foto: Iyus/bantennews.co.id)

SERANG – Mantan Gubernur Banten yang juga calon legislatif (caleg) DPR RI, Rano Karno mengaku siap kembali maju pada Pilgub 2024 mendatang. Meski begitu, Rano mengaku hal itu terjadi jika partai kembali menugaskan dirinya maju dalam perhelatan demokrasi di daerah itu.

“Artinya kita melalui penugasan. Tapi kan Pilgub masih lama masih ada jenjang waktu. Tapi kalau ditugaskan harus siap, sebagai kader partai harus siap,” kata Rano, Rabu (20/9/2023).

Meski begitu, Rano mengaku, dirinya masih fokus pada Pileg dan Pilpres 2024. “Kalau sekarang memang fokus pileg dan pilpres. Tapi sekali lagi kalau memang ditugaskan, sebagai kader partai harus siap,” katanya.

Termasuk ditanya siapa pendamping yang akan dipilihnya jika maju pada Pilgub 2024, pemeran Si Doel Anak Sekolahan itu juga mengaku belum memikirkan. “Belum, (kita) fokus di Pilleg dan Pilpres dulu,” katanya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 itu juga menilai dalam proses pencalonan Pilgub, PDIP sebagai partai juga harus berkolaborasi dengan partai lain. “Yang pastinya harus kolaborasi. PDIP harus kerjasama. Kalau sekarang istiliahnya belum ada yang melamar,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menilai potensi Rano Karno kembali maju pada Pilkada Banten 2024 mendatang cukup tinggi. Hal itu juga dibuktikan dengan hasil survey elektoral anggota DPR RI dan juga calon legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) III Banten masih cukup tinggi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristianto mengatakan, sambutan masyarakat Banten untuk Rano Karno masih tinggi.

“Berdasarkan hasil survey elektoral Mas Rano, banyak maayarakat yang menilai ketika Mas Rano jadi Gubernur (Banten) pembangunan bisa berjalan dengan baik, komitmen kepemimpinan terbuka dan kebudayaan dikedepankan,” kata Hasto di DPD PDIP Banten, Kota Serang, Minggu (10/9/2023).

Dengan catatan itu, lanjut Hasto, potensi pencalonan Rano Karno untuk Pilkada Banten 2024 cukup terbuka.

“Hasil survey elektoral (Rano Karno) tertinggi (di Banten). Dan sekarang juga menjabat (anggota DPR RI).dan juga caleg (dari PDIP),” katanya.

Meski begitu, Hasto mengaku, seluruh keputusan tetap berada di Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

“Tapi soal pencalonan (Rano Karno) dan bagaimana (mekanismenya) Bu Mega yang menentukan,” ujarnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini