Beranda Nasional Rambut Memutih, Begini Kondisi Terkini Luhut di Singapura

Rambut Memutih, Begini Kondisi Terkini Luhut di Singapura

Kondisi Terkini Luhut di Singapura (IG/@luhut.pandjaitan)

JAKARTA – Setelah sebulan dirawat di Singapura, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan kondisi fisik terbarunya. Dari foto yang diunggah di akun Instagram Luhut pada Sabtu (4/11/2023), tampak rambut Luhut lebih pendek dari biasanya. Selain itu, rambutnya juga berwarna putih.

Dalam unggahannya di Instagram, Luhut juga membagikan foto bersama dengan keluarga dan rekannya. Raut kebahagiaan jelas terpancar di wajah Luhut Pandjaitan.

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses “recovery” tubuh pasca sakit yang saya alami,” tulis Luhut dalam akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu (4/11/2023).

Luhut menceritakan awal mula ia mengalami sakit dan dirawat di Rumah Sakit Medistra. Pada awalnya, Luhut juga sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto sebelum melakukan pemulihan di Singapura.

Menurut Luhut, pemulihan yang ia jalani di Singapura dilakukan atas saran dari keluarga serta sahabatnya. Dia diminta untuk sesaat tak memikirkan berbagai pekerjaan yang ada di Jakarta.

“Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini,” sambungnya.

Luhut tidak menjelaskan terkait kondisi rambutnya yang berwarna putih. Kondisi ini tentu berbeda dari sebelum ia menjalani pengobatan di Singapura. Luhut selalu tampil klimis dengan rambut berwarna hitam.

Dalam menjalani pemulihan, Luhut ditemani oleh keluarga dan dokter kepresidenan. Letjen Maruli Simanjuntak mengatakan bahwa kondisi mertuanya itu sudah membaik dan akan kembali ke Jakarta dalam waktu dekat ini.

“Saya pikir satu minggu-dua minggu ini sudah bisa mulai bisa di luar, mudah-mudahan ya kalau ini prosesnya baik semua,” ungkap Maruli di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dijenguk Presiden

Luhut nampak mengambil sikap hormat saat bertemu dengan Presiden Jokowi. Meskipun mengenakan masker, terlihat jelas Jokowi tersenyum lebar di hadapan Luhut.

Luhut mengaku sudah mendapat suntikan semangat untuk pulih setelah dijenguk oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dia juga telah menerima kunjungan dari beberapa menteri dan teman terdekat. Kunjungan itu membuat Luhut merasa mendapatkan tambahan energi serta semangat untuk bisa pulih kembali.

Luhut pun mengambil pelajaran dari sakit yang ia alami saat ini. Dia juga membagikan petikan pelajaran itu di media sosialnya.

“Ada pepatah mengatakan bahwa kita tak akan pernah mengetahui arti sesuatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Menteri Ad Interim Marinves.  (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini