Beranda Hukum Ramai-ramai Pejabat Dinkes Banten Mengundurkan Diri Pasca Mencuat Kasus Korupsi Masker

Ramai-ramai Pejabat Dinkes Banten Mengundurkan Diri Pasca Mencuat Kasus Korupsi Masker

SERANG – Sebanyak 20 pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mengundurkan diri. Pejabat-pejabat yang mengundurkan diri diketahui saat ini menempati posisi strategis dari mulai Sekretaris Dinas (Sekdis), Kepala Bidang (Kabid) hingga Kepala Seksi (Kasi).

Informasi yang dihimpun, beredar surat pernyataan sikap puluhan pejabat Dinkes Provinsi Banten tertanggal 26 Mei 2021, perihal pernyataan sikap pengunduran diri sebagai pejabat di lingkungan Dinkes Provinsi Banten. Surat tersebut ditujukan langsung kepada Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dengan tembusan Ketua DPRD Banten, Sekda Banten, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Dinkes dan Kepala Inspektorat.

Dalam surat pernyataan sikap pengunduran diri itu juga para pejabat membubuhkan tanda tangan di atas materai Rp10.000.

Setidaknya terdapat dua poin yang menjadi pertimbangan pengunduran diri para pejabat itu. Pertama, pejabat dari mulai eselon III dan IV menyatakan bahwa, mereka selama ini telah bekerja maksimal dan melaksanakan tugas sesuai arahan dari Kepala Dinkes Provinsi Banten yang penuh intimidasi dan tekanan.

“Kondisi tersebut membuat kami bekerja dengan tidak nyaman dan penuh tekanan,” jelas petikan dalam surat tersebut.

Poin kedua, melihat perkembangan saat ini dimana salah satu rekan mereka yakni LS ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan masker untuk penanganan Covid-19.

“Yang bersangkutan dalam melaksanakn tugas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sesuai perintah dari Kepala Dinkes Provinsi Banten. Dengan kondisi penetapan tersangka itu, kami merasa kecewa dan bersedih karena tidak ada upaya perlindungan dari pimpinan,” ungkap para pejabat dalam poin yang termaktub dalam surat itu.

Dalam surat itu juga ditegaskan, atas kondisi itu para pejabat menyatakan sikap untuk mengundurkan diri sebagai pejabat di lingkungan Dinkes Provinsi Banten. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini