Beranda Ramadan Ramadan, Ini Aturan Jam Buka dan Tutup Rumah Makan di Kota Tangerang

Ramadan, Ini Aturan Jam Buka dan Tutup Rumah Makan di Kota Tangerang

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

TANGERANG – Pemkot Tangerang melalui Surat Edaran Walikota nomor 556/2809-Disbudpar/2023 mengeluarkan peraturan jam buka rumah makan dan penghentian sementara jasa usaha hiburan umum, sepanjang bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, di Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan dalam surat edaran ini, disampaikan sejumlah ketentuan. Di antaranya, kepada pemilik rumah makan, kafe, restoran dan sejenisnya dapat membuka usahanya dengan menggunakan tirai tertutup sampai dengan pukul 17.00 WIB.

“Khusus untuk pemilik rumah makan, kafe, restoran dan sejenisnya yang melayani sahur, buka usaha dimulai pukul 02.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Rizal, saat ditemui di Puspem Kota Tangerang, Senin (20/3/2023).

Lanjutnya, poin tiga ialah penutupan jasa usaha hiburan umum seperti karaoke, sauna, spa, massage dan billiard selama Ramadan dimulai dari dua hari sebelum bulan suci Ramadan dan dapat beroperasi kembali tiga hari setelah Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Apabila pelaku usaha tidak melaksanakan ketentuan tersebut, Disbudpar telah bekerjasama dengan dengan Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan siap melayangkan sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kasatpol PP Kota Tangerang, Wawan Fauzi menyatakan Satpol PP menurunkan sekitar 100 personel yang bersiaga melakukan sweeping pengawasan atas aturan-aturan SE yang diberlakukan. Satpol PP akan melakukan teguran awal jika ada yang melakukan pelanggaran, dan jika terulang tidak menutup kemungkinan dilakukan pengajuan pencabutan izin usaha.

“Diketahui, surat edaran telah disebar ke seluruh pelaku usaha untuk sama-sama dipahami dan dipatuhi. Demi menjaga toleransi antar umat beragama dan menghormati bulan suci Ramadan. Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, seluruh pelaku usaha di Kota Tangerang selalu patuh, harapannya tahun ini pun patuh akan aturan yang ada,” katanya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini