Beranda Peristiwa Ramadan, ADI Banten Sebar Puluhan Kafilah Dakwah

Ramadan, ADI Banten Sebar Puluhan Kafilah Dakwah

Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Banten menyebar 30 mahasiwanya untuk berdakwah selama Ramadan

SERANG – Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Banten menyebar 30 mahasiwanya untuk berdakwah selama Ramadan. Kegiatan yang disebut Kafilah Dakwah (Kafdah) ini rutin digelar tiap tahun selama bulan puasa.

Menurut Direktur ADI Banten, Dr Chatib Rasyid, Kafdah jadi semacam praktik lapangan bagi para mahasiswa setelah mendapat materi kuliah di ADI Banten.

“Mahasiswa turun ke masyarakat menyampaikan dakwah dan pengajaran tentang materi keislaman dan cara membaca Alquran. Kami bekerja sama dengan pondok-pondok pesantren di beberapa daerah di Banten dalam kegiatan ini,” papar Chatib, Sabtu (24/4/2021).

Tahun ini, Kafdah ADI Banten digelar di 5 titik, yaitu Tanjung Lesung, Cigeulis (Pandeglang), Anyer, Padarincang (Kabupaten Serang) dan Malingping (Lebak). Sebanyak 30 orang mahasiswa dan mahasiswi ADI Banten turun mengajar di ponpes-ponpes serta berceramah di sela-sela tarawih dan kuliah subuh.

Chatib ditemani salah satu pengurus Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) Banten Amir Hamzah meninjau kegiatan Kafdah di Ponpes As Syifa, di Kampung Cikadu Indah, Desa Tanjung Jaya Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang.

Selain menengok keberadaan para mahasiswa, Chatib dan Amir juga menyampaikan bantuan kepada para santri Ponpes As Syifah berupa mushaf Alquran, Juz Amma, Iqra serta pakaian layak pakai.

Mereka diterima pimpinan Ponpes As Syifa yaitu Ustadz Romdon Firdaus yang mengaku sangat terbantu dengan program Kafdah dari ADI Banten.

Seperti diketahui, ADI Banten berada di bawah naungan DDII Banten dan menggelar program diploma 1 tahun (D1) bagi mahasiswa yang ingin menjadi pendakwah. Lokasinya terletak di Ranca Sawah Drangong, Taktakan, Kota Serang.

Para mahasiswa tidak dipungut biaya selama kuliah dan ditanggung asrama dan konsumsi selama belajar.

Sebagian besar lulusan ADI Banten meneruskan kuliah di Sekolah Tinggi Dakwah Islam (STDI) Mohammad Natsir yang ada di Jakarta.

“Ada pula lulusan ADI Banten yang langsung terjun sebagai ustad atau pendakwah begitu lulus dari sini,” pungkas Chatib.

(Ink/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini