Beranda Kesehatan Rakerkesda Banten 2024, Peningkatan Layanan hingga Puskesmas Jadi Prioritas Utama

Rakerkesda Banten 2024, Peningkatan Layanan hingga Puskesmas Jadi Prioritas Utama

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) tahun 2024 di salah satu hotel wilayah Serpong, Kota Tangerang.

TANGERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) tahun 2024 di salah satu hotel wilayah Serpong, Kota Tangerang.

Rakerkesda 2024 berfokus pada peningkatan layanan hingga ke tingkat Puskesmas agar pelayanan dasar masyarakat terpenuhi.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, Rakerkesda bagian dari kebulatan tekad pemerintah dalam memberikan layanan dasar kesehatan kepada masyarakat.

“Kebulatan tekad dalam rangka pemerintah hadir untuk memberikan layanan dasar kepada masyarakat yaitu kesehatan,” katanya, Rabu (29/5/2024) silam.

Hingga kini, Pemprov Banten selalu mengikhtiarkan formulasi kebijakan agar pelayanan berjakan cepat, tepat dan berkualitas untuk kesehatan bagi masyarakat.

“Idealnya mengedepankan preventif, pencegahan untuk tidak mendapatkan situasi yang tidak baik,” ujarnya.

Ia menyebutkan, gerakan preventif butuh formula dan design. Oleh karena itu perlu dipikirkan bersama agar mendapat soluasi dalam peningkatan layanan kesehatan.

“Preventif butuh design, upaya dalam tindakan itu yang harus kita pikirkan bersama agar dapat menangani sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti menerangkan, Rakerkesda marupakan agenda untuk peningkatan kinerja dan tercapainya indikator prioritas kesehatan melalui kolaborasi peran Pemerintah Pusat, Pemprov, kabupaten kota, lintas sektor serta peran swasta.

“Tujuan dari rakerkesda kesehatan di momen ini akan menginformasikan agenda kesehatab sampai ke level bawah,” tuturnya.

Ia memaparkan, tenaga kesehatan harus mampu memaksimalkan potensi dan kondisi yang ada di Banten, dengan menganut nilai norma gotong royong secara bersma-sama untuk menuju generasi emas.

“Mengimplementasikan pilar kesehatan dan menguatkan komitmen dukungan dari peran pentahelix dalam mencapai program dan standar minimal provinsi, kabupaten kota,” paparnya. (adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News