Beranda Opini Rajiah Salsabila Incar Emas untuk Banten dari Panjat Tebing

Rajiah Salsabila Incar Emas untuk Banten dari Panjat Tebing

Rajiah Salsabila. (Dok. KONI BANTEN)

JAYAPURA – Atlet panjat tebing putri Banten Rajiah Salsabila akan turun pada laga final nomor Speed World Record PON XX Papua, Rabu (29/9/2021). Rajiah diharapkan mampu meraih emas pertama bagi Kontingen Banten.

PON XX Papua.

Kepastian masuk final diperoleh Rajiah usai tampil pada babak kualifikasi yang digelar di Arena Panjat Tebing SP 2 Mimika, Selasa (28/9/2021). Rajiah bahkan mampu menduduki ranking 1 pada kualifikasi yang diikuti 18 peserta itu.

“Alhamdulillah Rajiah lolos ke final dengan predikat ranking pertama. Mudah-mudahan dia bisa mempertahankan posisi tersebut dan membawa pulang emas ke Banten,” ujar Ronald Shandra, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Banten.

Pada babak kualifikasi, Rajiah berada di puncak dengan catatan waktu 6.95 detik. Tempat kedua diduduki Aries Susanti Rahayu atlet asal Jawa Tengah dengan 7.34 detik dan disusul atlet Bali Desak Made Rita dengan catatan waktu 7.61 detik.

Selain Rajiah, atlet panjat tebing putra Banten Alamsyah juga lolos ke semifinal nomor Boulder Perorangan. Namun Alamsyah baru akan turun Kamis (30/9/2021) besok.

Hasil-hasil lain yang ditorehkan Kontingen Banten, Selasa (27/9/2021), cabor sepatu roda gagal menambah perolehan medali di 3 nomor final, yaitu 200 m putri, 500 m putra serta 500 m putri. Atlet dayung Banten Fajar Faturahman juga gagal naik podium di laga final Kano 1000 m karena hanya mampu menempati posisi ke 6.

Dari nomor beregu, tim baseball putra menang atas Kalimantan Timur 11-1 sekaligus membuka peluang maju ke babak super round. Sementara tim futsal Banten kalah 2-5 dari Sulsel. Kemudian tim softball putra juga menyerah 1-6 dari tuan rumah Papua. Futsal dan softball dipastikan gagal maju ke babak selanjutnya. (Red/PON)