Beranda Advertorial Raih Proper Hijau, PT Krakatau Posco Perkuat Komitmen Tingkatkan Aksi Nyata Jaga...

Raih Proper Hijau, PT Krakatau Posco Perkuat Komitmen Tingkatkan Aksi Nyata Jaga Lingkungan

PT Krakatau Posco menjadi Industri Besi Baja di Indonesia pertama dan satu satunya yang berhasil meraih Penghargaan Proper Hijau (beyond compliance) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

CILEGON – PT Krakatau Posco menjadi Industri Besi Baja di Indonesia pertama dan satu satunya yang berhasil meraih Penghargaan Proper Hijau (beyond compliance) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Beberapa indikator penilaian Proper Hijau mencakup pelaksanaan penilaian daur hidup atau Life Cycle Assessment, efisiensi energi, penurunan emisi, konservasi air dan efisiensi air, 3R Limbah B3 dan Limbah Non B3, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, dan tanggap kebencanaan.

Keberhasilan ini diperoleh berkat kerjasama yang baik dari seluruh pihak terkait di PT Krakatau Posco. Peringkat hijau menjadi bukti atas komitmen PT Krakatau Posco dalam menjalankan usaha berbasis kepada kepedulian lingkungan.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang tidak hanya taat dalam pemenuhan regulasi lingkungan, namun juga memberi nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan pengembangan masyarakat.

PT Krakatau Posco menjadi Industri Besi Baja di Indonesia pertama dan satu satunya yang berhasil meraih Penghargaan Proper Hijau (beyond compliance) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Salah satu nilai tambah yang ditunjukkan oleh PT Krakatau Posco adalah efisiensi pada proses produksi dengan memanfaatkan mill scale yang termasuk dalam kategori Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) dari proses pengerolan di Hot Rolling Plant, Plate Mill, dan Continuous Casting Plant menjadi material pendukung di proses Steelmaking Plant.

Program ini termasuk dalam penghematan material sekaligus pemanfaatan limbah B3 sehingga limbah yang mulanya membutuhkan biaya untuk pengolahan sebelum dibuang berubah menjadi material yang dapat mendukung proses produksi.

Pada tahun 2022, PT Krakatau Posco berhasil menghemat konsumsi material dengan menggunakan Mill Scale Briquetting (MSB) dari hasil pemanfaatan limbah Mill Scale sebesar 22.593 Ton.

Program ini bukan hanya bermanfaat bagi PT Krakatau Posco, namun juga membuktikan komitmen perusahaan dalam mendukung konsep Circular Economy, yakni sistem yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi dengan mempertahankan nilai produk, bahan, dan sumber daya dalam perekonomian selama mungkin dan tentunya upaya pemanfaatan limbah menjadi salah satu upaya PT Krakatau Posco dalam menurunkan dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Pada periode penilaian Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper), PT Krakatau Posco menjadi satu dari empat perusahaan di Kota Cilegon yang mendapatkan predikat hijau. Hal ini berarti dalam pengelolaan lingkungannya, PT Krakatau Posco telah melebihi ketaatan atau beyond compliance.

Setelah menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada November 2023, PT Krakatau Posco menerima sertifikat penghargaan tersebut dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten, Wawan Gunawan dan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, pada 7 Mei 2024.

Tahun 2024 ini, PT Krakatau Posco menyiapkan berbagai strategi untuk terus meningkatkan manajemen dan kualitas lingkungan hidup, baik dari internal maupun eksternal.

PT Krakatau Posco juga aktif berpartisipasi pada program-program Pemerintah Kota Cilegon yang memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat seperti pengelolaan sanitasi dan air bersih, pembersihan area cagar budaya dan monumen sejarah kota, penanaman terumbu karang buatan, serta yang paling penting adalah konsistensi penanganan limbah domestik yang berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomis bagi perputaran ekonomi masyarakat.

Program ini tidak hanya akan dijalankan di level perusahaan, tapi juga secara berkelanjutan mengajak masyarakat Kota Cilegon untuk berpartisipasi dan memiliki semangat tinggi menjaga lingkungan dari mulai hal kecil di sekitarnya.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News