Beranda Komunitas PW Pemuda Persis Banten Adakan Workshop Literasi Menjelang Ramadhan

PW Pemuda Persis Banten Adakan Workshop Literasi Menjelang Ramadhan

Bertepatan dengan 4 April 2021 Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Banten menyelenggarakan Workshop Penulisan Makalah dan Pembekalan

SERANG – Bertepatan dengan 4 April 2021 Pimpinan Wilayah Pemuda Persis Banten menyelenggarakan Workshop Penulisan Makalah dan Pembekalan Dai bagi perwakilan kader Pimpinan Cabang Pemuda Persis Banten.

Kegiatan diselenggarakan di Aula Pesantren Persis 72 Gunung Buntung, Padarincang. Jumlah pesertanya 25 orang yang berasal dari PC Pemuda Persis Padarincang, Kota Serang dan Rangkasbitung.

Menurut Sayuti, Ketua PW Pemuda Persis Banten, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas kader dalam keterampilan menulis. Selama ini kader lebih potensial dan terampil dalam berbicara saat ceramah, misalnya, namun minim dalam hal menulis.

“Kualitas kader harus lebih meningkat setelah mengikuti workshop penulisan ini. Dakwah melalui tulisan akan lebih menarik dan berkesan karena jejaknya bisa dirujuk di media, baik cetak maupun daring,” ujarnya, Minggu (4/4/2021).

Acara ini dibuka oleh Ketua PW Pemuda Persis Banten, Sayuti, pukul 10.00 WIB. dan dihadiri beberapa undangan dari unsur Pengurus PC Persis Padarincang dan Otonom. Adapun narasumber pertama yang mengisi agenda acara “Sharing Motivasi Menulis di Media” adalah Iip Rifai dari Omar Institute.

Iip berbagi pengalaman bagaimana pertama kali menulis opini kemudian bisa diterbitkan di portal nasional, selanjutnya merambah menulis di media cetak lokal dan seterusnya. Pula berbagi tentang bagaimana menyiasati tulisan tersebut agar bisa diterima redaksi untuk diterbitkan dan sejumlah pengalaman lain yang berkaitan dengan motivasi menulis.

Narasumber kedua adalah mantan wartawan ibukota yang kini menjabat Ketua PW Persis Banten, Ustaz C.R. Nurdin. Beliau fokus memberikan materi “Teknik Menulis yang Baik dan Benar” sekaligus memberikan pembekalan kepada para dai muda Persis dalam rangka menghadapi Ramadan 1442 yang sebentar lagi tiba.

Antusiasme peserta workshop sangat terlihat. Mereka bersemangat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh guna menjadi dai-dai yang terampil menulis kelak, selain terampil berbicara (ceramah) tentunya. Acara ini berjalan lancar dan sukses. Semoga kelak mereka menjadi penerus Tuan A. Hassan (Pendiri Persis) yang dikenal dengan singa podium sekaligus penulis aktif dan produktif pada masanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini