Beranda Peristiwa Puting Beliung Hantam Pasar Batubantar Pandeglang

Puting Beliung Hantam Pasar Batubantar Pandeglang

Puluhan rumah dan ruko di Pasar batubantar Pandeglang rusak akibat dihantam puting beliung. (Ist)

PANDEGLANG – Puluhan rumah dan kios pedagang yang berada di Pasar Batubantar Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang mengalami rusak berat dan rusak ringan setelah dihantam hujan dengan deras disertai angin puting beliung, Sabtu (30/12/2023).

Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi pada BPBDPK Kabupaten Pandeglang, Wawan mengatakan, pada saat kejadian pihaknya sedang tersebar dibeberapa lokasi karena sedang siaga Natal dan Tahun Baru (Nataru) sehingga hanya menyisakan beberapa personel saja di markas BPBDPK.

“Kejadiannya sekitar pukul 16.30 wib dan kebetulan kondisi kami sedang siaga Nataru dan di Mako hanya ada beberapa orang yang standby,” kata Wawan.

Kata dia, saat ini ada sekitar 6 kios pedagang dan 21 rumah warga yang mengalami rusak setelah diterjang angin puting beliung. Namun jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah karena pihaknya masih melakukan pendataan.

“Yang rusak untuk toko di sepanjang jalan ada 6 toko mengalami rusak berat dan untuk rumah hampir 21 rumah tapi belum terverifikasi dan tervalidasi. Untuk rumah rusak berat itu ada 4 rumah dan 17 rumah lainnya rusak ringan,” terangnya.

Wawan mengaku bahwa BPBDPK Kabupaten Pandeglang sudah memberikan imbauan kepada masyarakat terkait keadaan cuaca yang bisa menyebabkan bencana seperti yang terjadi saat ini.

“Sebelumnya kami sudah mengimbau bencana Meteorologi ini kepada masyarakat, poinnya agar masyarakat tetap waspada,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ