Beranda Gaya Hidup Punya Banyak Teman Emang Seru, Tapi Menyendiri Sejenak Itu Lebih Baik

Punya Banyak Teman Emang Seru, Tapi Menyendiri Sejenak Itu Lebih Baik

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Punya banyak teman tentu hal yang menyenangkan. Namun, meluangkan waktu untuk menyendiri juga dibutuhkan. Terkadang kamu perlu menenangkan pikiran sendiri dan jauh dari keramaian.

Bukan kesuraman, anti sosial atau memiliki sikap ignorance, menjauh dari keramaian justru bisa menimbulkan banyak keuntungan bagimu. Berikut alasannya.

1. Kamu tidak harus mengorbankan kenyamananmu untuk siapa pun

Terlalu sering berada bersama orang lain di sekitar jelas akan membatasi keinginan dan kepuasanmu sendiri. Kamu harus memikirkan dan mempertimbangkan perasaan orang lain juga di dalamnya.

Inilah salah satu sebab mengapa terkadang kamu butuh sendirian, kamu bisa lebih mengekspresikan apa yang membuatmu bahagia tanpa perlu berkorban untuk siapa-siapa.

2. Kamu jadi lebih tenang

Saat menghadapi masalah, terkadang bersama dengan banyak orang justru akan menambah masalah yang sudah ada. Tanpa sadar mereka akan mencoba memengaruhi pikiranmu dengan apa yang baik untuk mereka dan akhirnya membuatmu bingung sendiri.

Sedangkan kalau punya waktu untuk diri sendiri, kamu bisa jadi lebih tenang dan memikirkan apa yang benar-benar kamu inginkan atau tidak.

3. Kamu jadi lebih produktif

Melepas penat dengan jalan bersama teman tentu menyenangkan. Hanya saja, tidak memiliki waktu untuk menata diri sendiri juga bukan hal yang baik. Kamu akan lebih produktif saat sendiri karena kamu bisa menggali hal-hal yang kamu inginkan, bukan apa yang teman-temanmu mau lakukan.

Kamu juga bisa lebih santai dengan melakukan hobi yang selama ini jarang kamu sentuh.

4. Kamu bisa lebih memahami nilai diri sendiri

Sendiri akan membuatmu sadar akan nilai dirimu sendiri. Kamu jadi tahu apa yang kamu suka, tidak suka, apa yang kamu mau dan ingin kamu lakukan. Kesendirian juga akan membuatmu lebih bisa menerima kelebihan dan kekuranganmu serta menjadi dewasa dalam memandang semua persoalan.

5. Kamu belajar mengandalkan diri sendiri

Karena pada akhirnya kamu sadar bahwa kamu sendirilah yang bisa menolong dirimu, bukan nasihat atau kata-kata bijak dari orang lain. Dengan sendiri kamu akan belajar kuat dan mengoptimalkan kemampuan dirimu sendiri.

Menjadi sendiri jelas tidak seburuk dan sesuram apa yang orang bayangkan. Justru ketika kamu bisa berdamai dengan kesepian, kamu akan bisa menemukan siapa dirimu yang sebenarnya. Selain mencintai diri sendiri, menilai diri sendiri juga penting supaya kamu selalu mawas diri dan makin bijaksana.

Sumber : IDN Times