Beranda Peristiwa Puncak Mudik Sepeda Motor Diperkirakan pada H-3 Lebaran

Puncak Mudik Sepeda Motor Diperkirakan pada H-3 Lebaran

Ilustrasi - foto istimewa info mudik gratis

SERANG – Dinas Perhubungan Provinsi (Dishub) Banten memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2019 dengan menggunakan sepeda motor terjadi pada H-3 atau 2 Juni 2019.

Para pemudik akan melewati Jalan Raya Serang mulai dari perbatasan Kota Tangerang hingga Pelabuhan Merak.

“Saat ini, sudah mulai ramai arus mudik melintasi jalan nasional tapi kebanyakan mengunakan sepeda motor,” kata Ketua Regu Pengamanan Mudik Lebaran Dishub Banten Eko Sulistiono, Jumat (31/5/2019).

Eko mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat Polda Banten dan Polresta Tangerang dalam pengamanan lalu lintas.

Dia mengatakan pada H-5 Lebaran jumlah arus mudik mencapai 2.200 orang dan dominan mengunakan sepeda motor.

Dalam catatan petugas, pengendara sepeda motor ada juga yang terjatuh, akibat kelelahan dan juga menyenggol rekannya hingga luka lecet.

“Sejauh ini belum ada kasus kecelakaan serius karena petugas siaga di lokasi dan mengatur kelancaran lalu lintas,” katanya dilansir AntaraNews.com.

Setiap hari petugas Dishub Banten bergiliran siaga di posko yang terletak di Citra Raya, Kecamatan Cikupa sebanyak empat orang dibantu aparat Dishub Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, biasanya pemudik dengan tujuan beberapa kota di Lampung, Sumsel dan Bengkulu akan melintasi Kabupaten Tangerang pada malam hari.

Namun untuk pemudik siang hari dengan jarak dekat tujuan Cilegon, Pandeglang, Lebak dan Serang.

Dia menambahkan pemudik jarak dekat tersebut berasal dari Depok, Jakarta, Bekasi serta Cikampek, Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa mengatakan pemudik memilih malam hari dengan alasan karena cuaca dan pertimbangan sampai di Pelabuhan Merak.

Dia menambahkan dari laporan petugas di lapangan bahwa banyak pemudik sepeda motor berangkat malam hari ketimbang siang karena panas.

Hal tersebut karena ketika sampai di Pelabuhan Merak, Banten sudah tengah malam dan langsung naik kapal feri.

Namun beberapa jam setelah menyeberang sampai di Bakauheni, Lampung pemudik dapat melanjutkan perjalanan karena telah istirahat dengan cukup di atas kapal feri.

Selain itu, saat ini cuaca panas sekitar 27-33 derajat celsius, maka memilih mengendarai motor malam hari adalah yang terbaik. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini