Beranda Nasional Puncak Arus Balik Lebaran 2022 Diprediksi Akhir Pekan Ini

Puncak Arus Balik Lebaran 2022 Diprediksi Akhir Pekan Ini

Situasi Arus Mudik di Pelabuhan Merak - foto istimewa

JAKARTA – Kapan puncak arus balik 2022 telah diprediksi oleh Korlantas Polri terjadi beberapa hari usai perayaan lebaran Idul Fitri 2022. Pada hari tersebut, volume kendaraan yang menuju Jakarta diprediksi padat merayap.

Polisi pun meminta agar warga melakukan perjalanan “balik” lebih awal. Lantas, kira-kira kapan puncak arus balik lebaran 2022?

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyampaikan, diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022. Pada tanggal tersebut diperkirakan volume kendaraan akan meningkat tinggi, khususnya arah Jakarta.

Untuk menghindari terjebak di kemacetan, Firman menyarankan agar masyarakat pulang ke Jakarta di luar tanggal tersebut. Firman juga menyampaikan, dengan melalukan perjalanan pulang lebih awal, diharapkan arus lalu lintas terhindar dari kemacetan.

Selain itu, Firman juga memberikan pilihan lain, yakni jika mempunyai waktu cuti lebih, sebaiknya pulang saat tanggal 9 Mei atau bisa juga setelahnya. Hal ini dilakukan demi kenyamanan berkendara dan agar tidak terjebak kemacetan yang biasanya sangat menguras waktu dan tenaga.

Sebelumnya, pemerintah telah menyampaikan mengenai prediksi puncak arus balik 2022 akan terjadi dari tanggal 6 sampai 8 Mei mendatang. Presiden Jokowi memberikan himbauan agar warga yang akan melakukan perjalanan pulang “balik” tak menunggu tanggal tersebut.

Diketahui, setiap puncak arus balik biasanya rawan kemacetan. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya Polisi dan stakeholders terkait dari jauh hari sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas, khususnya saat para pemudik yang melakukan perjalanan pulang “balik” dari kota-kota seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

Selain itu, pada puncak arus balik nanti juga akan kembali diberlakukan rekayasa lalu lintas one way hingga ada informasi lebih lanjut. Adapun rekayasa lalu lintas tersebut akan diterapkan disejumlah titik seperti berikut ini:

1. Jumat, 6 Mei 2022

Baca Juga:
Arus Balik di Kaltim Diprediksi Terjadi Mulai Rabu hingga Minggu, Warga Diimbau Utamakan Keselamatan

Pada pukul 14.00-24.00 WIB akan diberlakukan rute satu arah genap mulai dari pintu Tol Kalikangkung kilometer 414 hingga kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek

2. Sabtu, 7 Mei 2022

Pada pukul 07.00-24.00 WIB akan diberlakukan rute satu arah ganjil mulai dari pintu Tol Kalikangkung kilometer 414 hingga kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek

3. Minggu, 8 Mei 2022

Pada pukul 07.00-24.00 WIB akan diberlakukan rute satu arah genap mulai dari pintu Tol Kalikangkung kilometer 414 hingga kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek

4. Senin, 9 Mei 2022

Pada pukul 00.00-03.00 WIB akan diberlakukan rute satu arah ganjil mulai dari pintu Tol Kalikangkung kilometer 414 hingga kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek

Demikian informasi mengenai kapan puncak arus balik lebaran 2022 yang penting diketahui bagi yang akan melakukan perjalanan pulang “balik”. Semoga informasi ini bermanfaat.
(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini