Beranda Hukum Puluhan Warga Binaan Bakal Dapat Remisi HUT RI

Puluhan Warga Binaan Bakal Dapat Remisi HUT RI

448
0

PANDEGLANG – Sekitar 90 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang bakal mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan pada HUT RI ke-74 esok. Dari 90 orang yang mendapat remisi 4 diantara mendapatkan remisi bebas langsung.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Pandeglang, Alwan menyampaikan, saat ini ada 197 warga binaan yang menghuni Rutan Pandeglang dan 90 orang di antaranya akan mendapatkan remisi.

Alwan membeberkan, 90 orang yang bakal mendapatkan remisi diantaranya remisi 5 bulan sebanyak 1 orang, remisi 3 bulan 8 orang, remisi 2 bulan 12 orang, remisi 1 bulan sebanyak 60 orang dan remisi bebas langsung sebanyak 4 orang.

“Yang mendapatkan remisi bebas langsung ada 4 orang, nanti orang-orang ini akan dibawa ke alun-alun pada upacara HUT RI nanti karena surat bebasnya nanti akan diserahkan bupati,” beber Alwan, Selasa (13/8/2019).

Kemudian ada tambahan remisi bagi yang melanggar pasal 34 ayat (3) PP 28 tahun 2006 dan pasal 34 ayat (1) PP 99 tahun 2012 tentang narkoba dan korupsi sebanyak 5 orang.

“Tiga orang dari narapidana narkoba mendapatkan remisi 4 bulan dan dua orang kasus korupsi Dana Tunda,” jelasnya.

Alwan menambahkan, untuk mendapatkan remisi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Naripidana diantara harus berkelakuan baik selama 6 bulan berturut-turut bagi kasus umum dan 9 bulan berturut-turut bagi kasus narkoba dan korupsi. Namun untuk kasus narkoba dan korupsi Narapidana terlebih dahulu harus membayar uang denda dan pengganti agar bisa diusulkan mendapat remisi.

“Kalau pidana umum selama di dalam Rutan berkelakuan baik selama 6 bulan berturut-turut, apabila mereka melanggar tata tertib Rutan maka tidak bisa diusulkan. Karena pada dasarnya pemasyarakatan ingin mengembalikan narapidana ke luar sana yang pertama Keluarga dan Pemerintah Desa bisa menerima kembali,” tambahnya. (Med/Red)