Beranda Peristiwa Puluhan Rumah Warga Cinangka Diterjang Banjir

Puluhan Rumah Warga Cinangka Diterjang Banjir

Rumah warga di Cinangka yang terendam banjir. (IST)

KAB. SERANG – Puluhan rumah di Kampung Ciparay, Desa Sindang Laya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang terendam banjir sejak Selasa (11/1/2022) sekitar pukul 00.38 WIB. Banjir terjadi akibat buruknya drainase dan derasnya hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Senin (10/1/2022) sekitar pukul 23.00 WIB.

Anggota SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Makrubi mengatakan ketinggian permukaan air di dalam rumah warga sekitar 5 centimeter, sementara untuk di luar rumah mencapai 40 centimeter. Namun keadaan tersebut berlangsung surut.

“Kondisi terakhir saat ini masih ada genangan air karena ada gorong-gorong kurang lancar dan debit hujan sangat tinggi sehingga mengakibatkan genangan air di 30 rumah warga. Saat ini tinggi muka air sekitar 20 sampai 25 centimeter,” ujar Makrubi kepada BantenNews.co.id, Selasa (11/1/2022).

Tim BPBD Kabupaten Serang dibantu relawan, anggota Koramil, Polsek, Kecamatan, Desa, dan masyarakat setempat langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

Dalam kejadian tersebut, 100 warga yang di dalamnya termasuk 4 lansia, saat ini masih bertahan menempati rumahnya masing-masing sambil menunggu surutnya air. Banjir yang menerjang puluhan rumah warga tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Perwakilan dari Dinas PUPR Kabupaten Serang juga saat ini sedang ke sini untuk mengecek drainasenya. Drainasenya kurang lancar diduga karena penyempitan,” kata Makrubi.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ