Beranda Peristiwa Puluhan Pedagang Pasar Kepandean Direlokasi

Puluhan Pedagang Pasar Kepandean Direlokasi

92
0
Pengundian Nomor Urut Kios atau Los Pasar Kepandean. (Foto istimewa )

SERANG – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang merelokasi para pedagang yang berada di kios lama Pasar Kepandean pada Jumat (11/6/2021). Sebanyak 30 pedagang nantinya akan menempati bangunan los yang berada di bagian depan Pasar Kepandean.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, Um Rochmat Hidayat mengatakan relokasi tersebut dilakukan untuk menciptakan kondisi Pasar Kepandean menjadi pasar yang bersih dan tertata rapi.

“Jadi Pemkot Serang itu kan akan merevitalisasi beberapa pasar di Kota Serang salah satunya Pasar Kepandean. Nah, bangunan kios lama di Pasar Kepandean itu sudah lebih dari 20 tahun. Hari ini dilakukan relokasi terlebih dahulu untuk para pedagang yang di kios lama ke los yang ada di bagian depan,” ujarnya pada BantenNews.co.id saat ditemui di kantornya, Jumat (11/6/2021).

Selain rencana merevitalisasi Pasar Kepandean, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang rencananya juga akan merevitalisasi Pasar Taman Sari untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Dikarenakan sering dijadikan untuk tempat yang aneh-aneh, Pemerintah Kota Serang berniat menghilangkan image (pandangan) itu dengan merelokasi Pasar Kepandean. Untuk revitalisasi sendiri nanti menunggu dari PU karena revitalisasi itu yang melaksanakan PU. Itu pun nantinya akan menampung pedagang yang di Taman Sari dan di Stadion Maulana Yusuf karena yang di Taman Sari rencananya kan mau direvitalisasi jadi RTH,” sambungnya.

Sebelumnya, bangunan kios lama Pasar Kepandean hanya terisi 30 kios dari 100 kios yang disediakan. Para pedagang yang mengisi kios tersebut terdiri dari pedagang sembako, pedagang sayuran, pedagang beras, penjual kopi, dan penjual makanan.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Kota Serang pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, Muhammad Zen menuturkan relokasi dilakukan dengan lancar dan para pedagang pun turut tertib saat pengundian nomor los.

“Alhamdulillah berjalan lancar dan tidak ada yang menolak. Hari ini juga dilakukan pengundian nomor urut los,” kata Zen.

Zen juga menyebutkan dengan adanya relokasi para pedagang dari bangunan kios lama ke bangunan los diharapkan bisa menarik para pembeli yang ingin datang ke Pasar Kepandean.

“Pedagang aktif yang masih bertahan di sana itu karena sudah mempunyai langganan masing-masing. Mudah-mudahan di tempat yang baru, karena itu terbuka dan terlihat oleh pengguna jalan jadi semoga ada pelanggan baru dan bisa menambah penghasilan pedagang-pedagang ini,” tuturnya.

Terkait bangunan kios lama ke depannya akan digunakan untuk apa, Zen mengatakan kewenangan tersebut berada di Pemkot Serang.

“Untuk bangunan kios lama akan diserahkan ke Pemkot lagi akan digunakan untuk apa,” ungkapnya.

(Nin/Red)