Beranda Pariwisata Pulau Liwungan, Tempat Wisata Eksotis di Pandeglang

Pulau Liwungan, Tempat Wisata Eksotis di Pandeglang

Pulau Liwungan, Kabupaten Pandeglang - foto istimewa Instagram

PANDEGLANG – Selain Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang ada satu wisata eksotis, namanya Pulau Liwungan. Pulau ini cukup indah di daerah tersebut. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pantai Tanjung Lesung. Lumiwung bisa ditempuh menumpang kapal wisata selama kurang lebih 45 menit.

Pulau Liwungan, secara kondisi alam menawarkan pemandangan yang begitu cantik. Tidak hanya air laut yang berwarna turquoise, namun juga menawarkan pasir putih yang lembut.

Selain itu, masih ditambah dengan adanya beberapa titik menyelam dan snorkling yang menjadikan pulau Liwungan ini menarik untuk didatangi. Namun sangat disayangkan, dari segi sarana dan prasarana fasilitas umum seperti dermaga, toilet, dan kedai makanan dan minuman, sayangnya masih bisa dibilang belum memadai sebagai tempat wisata.





Menyikapi kondisi tersebut, sesuai penuturan Eneng Nurcahyati selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, ternyata pemerintah daerah tak tinggal diam. Sebab, saat ini Pemda sedang dalam tahap menggodok program penataan destinasi.

“Pemprov Banten sudah mempersiapkan anggaran untuk menyusun DED (Detail Engineering Design) yang mana untuk membuat dermaga pelabuhan untuk wisatawan, sejauh ini yang ada dermaganya sederhana ya, dermaga masyarakat. Kami sudah siapkan dermaga based on tourism,” ujar Eneng dilansir okezone.com.

Pembangunan sarana dermaga yang jauh lebih memadai ini, ditambahkan Eneng selain digodok oleh pihak pemerintah provinsi Banten. Di samping itu juga akan dipersiapkan oleh pihak lain, yakni PT BWJ (Banten West Java).

“Selain pemprov kan juga dipersiapkan oleh PT. BWJ ya, dan tentu ke depannya dengan adanya pencanangan Tanjung Lesung sebagai destinasi nasional, sarana prasarana infrastruktur juga harus dipersiapkan, ya harapannya 2019-2020 ini sudah siap,” tutup Eneng. (Red)