Beranda Kesehatan Pulang dari Jakarta, Warga Kabupaten Serang Positif Corona

Pulang dari Jakarta, Warga Kabupaten Serang Positif Corona

Penanganan pasien terduga terpapar virus corona. (Ist)

SERANG – Kasus pertama pasien positif Covid-19 muncul di wilayah Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten. Seorang pria berusia 75 tahun dinyatakan positif setelah sebelumnya mengikuti pertemuan dari Jakarta.

“Benar, ada satu orang positif Covid-19. Sebelumnya pasien punya riwayat mengikuti kegiatan di Jakarta. Sempat berobat ke beberapa klinik di Tangerang namun kemudian dirujuk ke RSUD Banten tanggal 29 Maret 2020,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi kepada BantenNews.co.id, Kamis (9/4/2020).

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, menurut Agus langsung melakukan tracing terhadap keluarga pasien. “Sudah kami lakukan rapid test dan hasilnya reaktif (ada indikasi Corona-red). Kami akan lanjutkan dengan mengambil swab (sampel cairan hidung dan tenggorokan),” kata Agus.

Selain kepada pihak keluarga, pihaknya juga akan melakukan rapid test untuk warga terdekat dari rumah korban. “Tetangga yang pernah kontak juga akan kami test. Dua sampai tiga rumah di sekitar pasien. Sementara mungkin akan isolasi di daerah tersebut,” kata Agus.

Agus menyampaikan bahwa pihaknya masih menghimpun semua informasi dari Puskesmas Kibin. Menurutnya pasien tersebut merupakan wiraswasta yang masih memiliki kegiatan dengan jaringan di Jakarta.

“Untuk tempat kerja apakah itu karyawan nanti kami akan lakukan tracing lebih jauh. Setelah kita evakuasi keluarga terlebih dahulu. Khusus keluarga kami akan isolasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Untuk data tanggal 9 Maret 2020 pukul 21.00 di laman info Corona Banten sebanyak 164 kasus positif, 128 pasien masih dirawat, 12 pasien sembuh, dan 24 meninggal dunia. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ