Beranda Bisnis PT Nikomas Gemilang Bantah Pindah Dari Banten

PT Nikomas Gemilang Bantah Pindah Dari Banten

Para Pelamar PT Nikomas Gemilang Berkerumun di Kantor Pos Tambak, Sabtu (3/4/2021). (Ist)

SERANG – Pihak PT Nikomas Gemilang angkat bicara terkait informasi akan hengkangnya perusahaan alas kaki tersebut dari Banten. Humas PT Nikomas Gemilang Supandi Yusuf menegaskan bahwa perusahaan tempatnya bekerja tidak pindah ke Jawa Tengah.

Alih-alih pindah dari Banten, PT Nikomas justru akan membuat cabang di Jawa Tengah untuk melebarkan sayap perusahaan. “Nikomas tidak pindah dari Serang, Banten. Tapi Nikomas akan bikin pabrik baru di Jawa Tengah. Intinya tidak ada pindah itu,” kata Supandi kepada BantenNews.co.id, Jumat (11/11/2022).

Ia menambahkan bahwa kondisi PT Nikomas Gemilang saat ini dalam kondisi normal. Ada 54.000 karyawan di dalamnya yang kini bekerja secara aktif melakukan produksi.

Saat ini sendiri, pabrik Nikomas di Jawa Tengah, kata Supandi masih berupa hamparan lahan yang belum dibangun gedung pabrik. Kendati demikian, ia menyampaikan bahwa proses pembuatan cabang tersebut masih akan berlangsung dalam beberapa tahun kedepan.

Adapun karyawan dengan spesifikasi tenaga ahli akan ditempatkan di cabang-cabang baru tersebut. Sementara untuk rekrutmen pegawai akan menyerap tenaga kerja lokal setempat.

“Biasanya tenaga ahli ditawarkan atau diperbantukan untuk training,” ujarnya.

Pembuatan cabang menurutnya hal yang biasa. Cabang lain Nikomas, kata dia seperti di Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat merupakan bagian dari pengembangan perusahaan.

Sebelumnya diberitakan,tiga perusahaan raksasa di Banten akan meninggalkan Banten. Salah satu penyebabnya adalah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang cukup tinggi.

Hal itu dibenarkan Kepala Disnakertrans Provinsi Banten, Septo Kalnadi. Dirinya menyebut, ketiga perusahaan itu berada di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

“Ketiga perusahan itu yakni PT KMK Global Sport di Cikupa, Kabupaten Tangerang, PT Nikomas Gemilang dan PT Parkland World Indonesia (PWI) 1 dan 2 di Cikande Kabupaten Serang. Nikomas (pindah) ke Pekalongan, KMK ke Salatiga dan Temanggung, PT PWI 1 dan PWI 2 ke Pati,” kata Septo.

(You/Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini