Beranda Bisnis PT Lotte Chemical Indonesia Tanam 15 Ribu Mangrove di Pesisir Banten

PT Lotte Chemical Indonesia Tanam 15 Ribu Mangrove di Pesisir Banten

Bibit pohon mangrove sesaat akan ditanam. (Foto : Usman)

SERANG – PT Lotte Chemical Indonesia melakukan penanaman sebanyak 15.000 Mangrove secara simbolis di Garis Pantai Teluk Banten, Karangantu, Kota Serang, Banten. Kegiatan ini kerja sama antara PT Lotte Chemical Indonesia dengan LSM Rekonvasi Bumi, Kamis (18/7/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Banten, Husni Hasan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Ujang Iing dan pihak terkait lainnya.

Presiden Direktur Lotte Chemical Indonesia, Kim Yong Ho mengatakan, pihaknya saat ini menanamkan modal asing yang bergerak di bidang industri petrokimia di Kota Cilegon dengan nilai investasi mencapai Rp50 triliun yang menurut rencana bakal beroperasi sekitar tahun 2023 mendatang.

Untuk proyek ini, lanjutnya, PT Lotte Chemical Indonesia telah memperoleh tanah industri dan telah memulai tahapan pengembangan proyek yang meliputi persiapan dan pematangan tanah.

Namun di dalam bagian yang sangat kecil dari lahan industri tersebut tumbuh tumbuh kurang lebih 3.000 pohon mangrove liar yang mana bukan merupakan wilayah konservasi hutan mangrove.

“Salah satu prinsip-prinsip manajemen PT Lotte Chemical Indonesia adalah menghargai dan menjaga keharmonisan dengan lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu kami ingin terus bergandengan tangan dengan pemerintah serta masyarakat untuk pelestarian lingkungan hidup, khususnya memastikan pelestarian pohon mangrove untuk keberlangsungan ekosistem pantai di wilayah Banten,” ujarnya.

Sebab itu, kata dia, perusahaan melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 15.000 pohon di Karangantu, Kota Serang, tepatnya di teluk Banten.

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut sudah dikoordinasikan dengan beberapa instansi pemerintah terkait yang berwenang terhadap lingkungan hidup serta dengan lembaga swadaya masyarakat penggiat lingkungan hidup.

“Penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat di wilayah sekitar untuk mengurangi dampak abrasi air laut maupun tsunami serta resapan air laut ke daratan. Diharapkan juga 5 tahun ke depan bibit mangrove ini dapat tumbuh secara baik dan memberikan fungsi yang optimal bagi daerah pesisir Banten,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Banten, Husni Hasan mengapresiasi penanaman sebanyak 15.000 Mangrove oleh PT Lotte Chemical Indonesia tersebut.

Menurutnya, jumlah tersebut cukup banyak dan bisa membawa dampak positif bagi pesisir Banten.

“Mangrove berguna guna mencegah abrasi pesisir pantai. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali,” ucapnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini