Beranda Bisnis PT Krakatau Posco Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

PT Krakatau Posco Maksimalkan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

PT Krakatau Posco melaksanakan Inagurasi Management Trainee pada Jumat, 13 Oktober 2023 yang diikuti oleh 40 orang -

CILEGON – PT Krakatau Posco melaksanakan Inagurasi Management Trainee pada Jumat, 13 Oktober 2023 yang diikuti oleh 40 orang. Acara digelar di Dinas Sosial, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon Cilegon.

Kegiatan yang bersinergi dengan Kodim Cilegon ini merupakan upaya berkelanjutan PT Krakatau Posco dalam membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui penyerapan tenaga kerja lokal baik program pemagangan maupun program management trainee.

Program apprentice atau pemagangan memprioritaskan warga sekitar perusahaan dan fokus terhadap jenjang lulusan SMA maupun SMK di bidang Teknik. Program magang diselenggarakan dengan berdasar pada salah satu pilar Corporate Citizenship yakni “Society with Krakatau Posco” dimana Perusahaan sebagai masyarakat industri merangkul masyarakat di lingkungan terdekat dengan Perusahaan untuk memberikan pengalaman kerja terbaik yang bermanfaat bagi kehidupan di masa yang akan datang ketika telah benar-benar terjun langsung di dunia kerja yang sesungguhnya.
Adapun pemagangan lulusan perguruan tinggi yang disebut dengan program Management Trainee.

Sepanjang tahun 2022 dan 2023 telah diserap sebanyak 265 orang yang diantaranya 185 apprentice, 75 Management Trainee dan 5 untuk professional hired. Dari total 256 orang yang terserap 190 diantaranya tercatat sebagai warga asli Cilegon.

Salah satu dampak dari adanya perkembangan industri di Cilegon ini bukan hanya kesempatan bekerja saja secara langsung di PT Krakatau Posco, saat ini puluhan pengusaha di sekitar perusahaan yang juga berkesempatan berkontribusi dalam kegiatan usaha turut memberikan kesempatan bekerja bagi tenaga kerja sehingga secara total penyerapan lapangan kerja di di kawasan sekitar perusahaan sangat besar.

PT Krakatau Posco sebagai salah satu industri yang mengusung pada prinsip “Corporate Citizenship” yang berkomitmen untuk fokus dalam menciptakan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan membantu keterlibatan masyarakat demi mencapai sustainable citizen.

“PT Krakatau Posco akan terus berkembang dan menjadi perusahaan baja termuka dikancah global. Kami akan terus berupaya mengembangkan program-program untuk membentuk generasi muda Cilegon memilik wawasan global melalui kesempatan berkerja dengan berbagai program yang kami miliki seperti program Apprentice, Management Trainee, maupun bagi professional hired. Dengan adanya investasi tahap 2 yang akan dilakukan, kami berupaya untuk dapat membuka peluang dan kesempatan bagi masyarakat lokal baik dalam lapangan pekerjaan maupun kesempatan usaha,” Ungkap Edwin Sumiroza, selaku Department Head PRGA PT Krakatau Posco.

Selain pemberdayaan tenaga kerja lokal secara maksimal, aksi corporate citizenship perusahaan juga terus digalakkan, dengan berfokus pada lingkungan terdekat sekitar. Sepanjang tahun 2021 hingga 2023 PT Krakatau Posco telah menyalurkan bantuan kesehatan, pendidikan, sarana infrakstruktur dan lainnya untuk pemberdayaan masyarakat sekitar senilai Rp900 juta.

PT Krakatau Posco melaksanakan Inagurasi Management Trainee pada Jumat, 13 Oktober 2023 yang diikuti oleh 40 orang

Gedung Community Learning Center (CLC) telah dibangun di tengah-tengah masyarakat di sekitar perusahaan sebagai wadah dan fasilitas untuk menyelenggarakan beragam kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan keahlian dan kemampuan tenaga kerja setempat. Pelatihan bahasa korea dan pelatihan dalam menghadapi tes kerja telah dilangsungkan beberapa waktu lalu yang bekerja sama dengan disnaker Kota Cilegon.

“PT Krakatau Posco akan terus berkembang dan menjadi perusahaan baja termuka dikancah global. Kami akan terus berupaya mengembangkan program-program untuk membentuk generasi muda Cilegon memilik wawasan global baik melalui kesempatan berkerja, kesempatan berusaha dan peningkatan sumberdaya manusia dengan berbagai program menuju tujuan tumbuh bersama sama. Dengan adanya investasi tahap 2 yang akan dilakukan, kami berupaya untuk dapat terus membuka peluang dan kesempatan bagi masyarakat lokal baik dalam lapangan pekerjaan maupun kesempatan usaha,” tutup Edwin Sumiroza. (Advertorial)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini