Beranda Bisnis PT ASDP Pastikan Seluruh Dermaga di Pelabuhan Merak Beroperasi Pada Mudik Lebaran

PT ASDP Pastikan Seluruh Dermaga di Pelabuhan Merak Beroperasi Pada Mudik Lebaran

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry, Suharto saat memberi keterangan. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan seluruh dermaga yang tersedia di Pelabuhan Merak, Banten dapat dioperasikan untuk mudik lebaran 2024.

Hal itu diungkapkan langsung oleh General Manager PT ASDP Indonesia Ferry, Suharto saat konferensi pers di Kantor ASDP Merak, Rabu (3/4/2024).

“Untuk kesiapan kami yang ada di Pelabuhan Merak, kita mengoperasikan 7 dermaga. Dari 7 dermaga, 1 dermaga untuk dermaga kapal ekspress dan 6 lainnya untuk dermaga reguler,” katanya kepada wartawan.

Selain dapat dioperasikan seluruhnya, kata Suharto, pada mudik lebaran tahun ini 7 dermaga di Pelabuhan Merak itu juga kini dapat menampung kapal-kapal besar dengan jumlah muatan yang lebih banyak.

“Dermaga 2 yang tahun lalu hanya bisa disandarin kapal-kapal di bawah 5.000, pada tahun ini sudah bisa disandari dengan kapal di atas 10.000. Artinya, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak ini sudah bisa disandarin semua dengan kapal-kapal besar,” ujarnya.

Dengan adanya peningkatan kapasitas muatan tersebut, otomatis hal itu dinilai dapat mengurangi kepadatan penumpang dan kendaraan yang terparkir di area pelabuhan.

“Jadi kalau terjadi kepadatan di dalam pelabuhan, nanti dari BPTD akan mengerahkan kapal-kapal besar dan ketujuh dermga bisa untuk mensandarkan kapal-kapal besar, sehingga daya angkutnya akan lebih banyak dan daya serap parkiran di dalam pelabuhan akan lebih cepat,” ucap Suharto.

Suharto mengungkapkan, pihaknya terus berusaha menciptakan pelayanan yang prima bagi para pemudik, termasuk dari sisi keamanan. Oleh karena itu, pada momentum mudik lebaran tahun ini, PT ASDP juga telah memasang ratusan CCTV di area pelabuhan.

“Semua area yang ada di pelabuhan, terutama area umum untuk pengguna jasa kita pasang CCTV demi keamanan dan lebih memudahkan dalam pengawasan, maka kami pasang di dalam pelabuhan ini sekitar 146 CCTV,” tutupnya. (STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini