Beranda Politik PSI Jadi ‘Rebutan’ Gerindra dan PDI Perjuangan Setelah Kaesang Resmi Jabat Ketum

PSI Jadi ‘Rebutan’ Gerindra dan PDI Perjuangan Setelah Kaesang Resmi Jabat Ketum

Kaesang Pangarep resmi menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) usai menjalani 'pelantikan' di Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI - foto istimewa suara.com

SERANG – Kaesang Pangarep resmi menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) usai menjalani ‘pelantikan’ di Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI. Pada acara tersebut, Cheryl Tanzyl dan Faldo Maldini, sebagai pembawa acara, mengundang Kaesang masuk ke ruangan Djakarta Theater, Jakarta.

Dalam sambutannya, Cheryl berseru, “Ketua baru kita, Bro Kaesang Pangarep. Kita sambut dengan tepuk tangan dong,” pada Senin (25/9/2023) malam. Faldo menambahkan, “Beri tepuk tangan untuk Ketua Umum baru kita, Bro Kaesang.”

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, secara resmi menetapkan Kaesang sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028.

Habiburokhman dari Partai Gerindra berharap Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dapat membawa Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden.

Kaesang baru saja ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI pada Senin (25/9/2023) dan menggantikan Giring Ganesha di posisi tersebut.

PSI Jadi Rebutan Gerindra dan PDI Perjuangan

Usai penunjukan Kaesang sebagai ketua umum, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman berharap, Kaesang bisa membawa PSI untuk mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden.

Menurut dia, dengan bergabungnya Kaesang ke PSI, mungkin saja PSI secara konkret dan resmi akan mendukung Prabowo sebagai Calon Presiden 2024.

Habiburokhman juga mengatakan, Kaesang memiliki kedekatan dengan Prabowo, bahkan sampai memiliki baju bergambar Prabowo. Dia memberi selamat kepada Kaesang atas keanggotaannya di PSI dan atas penunjukannya sebagai Ketua Umum.

Menurutnya, secara prinsip, Prabowo senang jika ada anak muda berprestasi yang ingin menjadi politikus atau pejuang politik.

Menurut Habiburokhman, menjadi politikus berarti memiliki idealisme dan cita-cita untuk melakukan hal-hal baik demi kepentingan masyarakat luas, serta bersedia mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya untuk kepentingan banyak orang. Oleh karena itu, dia senang melihat anak muda seperti Kaesang yang bersedia terjun ke dunia politik.

Habiburokhman juga menegaskan bahwa kehadiran Kaesang di PSI tidak menunjukkan adanya politik dinasti. Dia menyebutkan bahwa banyak anggota keluarga Jokowi yang terlibat dalam politik, seperti Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, dan terbaru, Kaesang sendiri. Habiburokhman menekankan bahwa hal ini bukan sesuatu yang negatif, bahkan sangat positif.

Tidak hanya Gerindra, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, juga mengajak Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Ajakan ini disampaikan oleh Puan setelah Kaesang secara resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Kami akan selalu bersilaturahmi, namun memang setiap partai memiliki strategi sendiri dalam merangkul dan memenangkan calon presidennya. Jadi, mari Mas Kaesang bergabung dengan PDI Perjuangan,” kata Puan setelah menghadiri acara Rakernas Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Puan juga memberikan selamat kepada Kaesang. Dia berharap Kaesang dapat menjalankan amanahnya dengan baik sebagai Ketua Umum PSI.

“Saya ucapkan selamat untuk Mas Kaesang, telah menjadi Ketua Umum PSI. Semoga beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai ketua umum,” ujar Puan.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini