Beranda Pemerintahan Program Prakerja Bergulir, Ratusan Warga Lebak Antusias Daftar

Program Prakerja Bergulir, Ratusan Warga Lebak Antusias Daftar

Warga Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, saat mendaftar program Prakerja.

LEBAK – Dalam mendukung upaya yang dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia untuk membantu masyarakat mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, Pemerintah Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak membuka pendaftaran Program Prakerja bagi masyarakatnya di Aula Kantor Desa.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukarendah Sunatra mengatakan, antusias warga untuk pendaftaran peserta Prakerja di Desa Sukarendah sangatlah tinggi. Terbukti pada hari pertama saja warga yang mendaftar sudah tercatat sekitar 200 orang.

“Antusias warga sangat tinggi, di hari pertama saja sudah ada yang mendaftar sekitar 200 orang, dan masih ada ratusan pendaftaran lagi yang belum kita data,” kata Sunatra saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Ia mengungkapkan, persyaratan pendaftaran program Prakerja sangatlah mudah, masyarakat cukup membawa photo copy e-KTP, Kartu Keluarga serta mencantumkan nomor telepon dan email aktif dalam proses pendaftaran.

“Tinggal bawa persyaratan lengkap aja bawa ke kantor desa, langsung akan kami proses pendaftarannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, proses pendaftaran program tersebut pun dilakukan secara bertahap, dimana bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri bisa menyusul pada tahapan berikutnya.

“Setelah terdaftar, nantinya para peserta akan memperoleh pelatihan dan mengambil hak masyarakat sebagai bentuk pengembangan kompetensi peningkatan kewirausahaan serta bantuan modal, dan Sertifikat dari program Prakerja ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Dede Suhayati, salah seorang warga Desa Sukarendah menyampaikan, dirinya sengaja datang untuk mendaftarkan diri pada program Prakerja. Karena sebelumnya dirinya sudah kali daftar melalui online tapi selalu gagal.

“Dulu pernah daftar melalui online tapi gagal, mudah-mudahan kali ini bisa,” ucap Deden.

Ia berharap dengan di bukanya kembali program prakerja oleh Pemerintah Pusat yang bekerja sama dengan Kantor Desa bisa membantu mempermudah masyarakat untuk mendaftar.

“Kalau dapet uang nya untuk tambahan modal usaha di rumah,semoga warga yang lainnya ikut daftar,” katanya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News