Beranda Bisnis Program PKUR YBM BRI Berhasil Tingkatkan Taraf Hidup Petani

Program PKUR YBM BRI Berhasil Tingkatkan Taraf Hidup Petani

Foto istimewa

PANDEGLANG – Warga Kampung Maja Timur, Majasari, Kabupaten Pandeglang berbahagia. Sebab warga sekitar tengah memanen hasil usaha Cabai Merah.

Sejak Oktober 2017 warga Kampung Maja, Kabupaten Pandeglang ini, telah menerima bantuan modal usaha dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI), melalui Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR).

Sebelumnya, warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani ini, melakukan cocok tanam timun yang hasilnya tidak seberapa untuk meningkatkan ekonomi taraf hidup petani. Sehingga di tengah kondisi ekonomi menengah ke bawah menyebabkan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun pendidikan anak-anak.

Salah satunya Anwar, anggota kelompok PKUR Cabai Merah. Meski tidak muda lagi, namun kegigihannya patut diacungi jempol. Saat ini, Anwar berhasil memperoleh keuntungan dari hasil tani cabainya senilai Rp39 juta dalam sekali panen.

“Uang tersebut digunakan untuk biaya pendidikan dan renovasi rumah. Saya sangat berterima kasih pada YBM BRI atas pemberian modal yang diberikan kepada kami,” tutur Anwar melalui siaran pers yang diterima BantenNews.co.id, Jumat (14/9/2018).

“Alhamdulillah, kini selain bisa membiayai pendidikan anak-anak sekolah hingga ke perguruan tinggi. Para petani juga bisa merenovasi rumah yang sebelumnya hampir tidak layak huni”, lanjut Anwar.

Hama dan cuaca yang tak menentu menjadi kendala bagi para petani yang bercocok tanam di atas lahan seluas satu hektar. Namun, berkat pendampingan khusus dan edukasi yang difasilitasi oleh YBM BRI, menambah wawasan dan pengetahuan bercocok tanam.

Hal, itu menuai kesuburan pada pertanian cabai merah yang dilakoni warga Kampung Majatimur, Majasari, Kabupaten Pandeglang. Sehingga, berhasil dijual seharga Rp35 ribu– 50 ribu per-kilonya.

Sopiyan Hadi, selaku Pelaksana Harian (PH) Jakarta 3 mengatakan dengan adanya bantuan pemodalan petani untuk bercocok tanam cabai merah menjadikan masyarakat Kampung Majatimur, Majasari, Kabupaten Pandeglang lebih mandiri dan sejahtera.

“Dan tidak lupa juga, dengan adanya program PKUR ini menyadarkan masyarakat untuk gemar menabung,” tutup Sopiyan Hadi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini