Beranda Bisnis Program Pertanian Keluarga Dinilai Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Petani Pandeglang

Program Pertanian Keluarga Dinilai Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Petani Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita memanen cabai - foto istimewa

PANDEGLANG – Program Pertanian Keluarga (PK) salah satu program yang digulirkan Badan Ketahanan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) yang berbentuk bantuan untuk sarana prasarana pertanian.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKP Kabupaten Pandeglang, Sarwo Edhy menilai pelaksanaan program PK di Pandeglang dinilai berhasil.

“Saat ada program bantuan dari pemerintah ada peningkatan pendapatan petani, pola ini harus dimasyarakatkan kepada petani lainnya,” ujar Sarwo Edhy melalui keterangannya, Minggu (17/10/2021).

Dengan berhasilnya pelaksanaan program PK, menurut Sarwo Edhy, tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani, menumbuhkan perekonomian pedesaan dapat terwujud.

“Ketika perekonomian petani tumbuh, perekonomian desa tumbuh, daerah juga akan tumbuh. Kita ketahui Pandeglang penyangga pangan Banten dan Banten penyangga Nasional,” terangnya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, program PK yang digulirkan BKP Kementan tahun 2021 tersebar di 109 Kabupaten dan 31 Provinsi se-Indonesia.

“Tahun 2021 Pandeglang dapat dua Poktan, mudah mudahan tahun depan ditambah, program ini terus berlanjut. Tahun depan kami coba akan liat lagi, mungkin bantuannya beda tahun depan bisa alat pengolahan tanahnya,” pungkasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Kementan atas program yang diturunkan untuk kelompok tani di Pandeglang. Ia berharap, poktan yang mendapatkan bantuan ini dapat mengembangkan sehingga bisa berkesinanmbungan.

“Alhamdulillah Poktan Sri Tani dan Taruna mekar bisa memanfaatkan dengan baik program ini dengan menanam tiga komoditas yaitu Cabai, Mentimun dan Kacang Panjang,” ungkapnya

“Semoga program ini bisa turun lagi tahun depan untuk kelompok tani lainnya, sehingga produktifitas terus berlanjut karena Pandeglang sentra komoditas penyangga Banten dan Nasional,” sambungnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ