Beranda Sosial dan Budaya Prihatin! Nenek Penjual Getuk Singkong di Tanara Tinggal di Gubuk Reyot

Prihatin! Nenek Penjual Getuk Singkong di Tanara Tinggal di Gubuk Reyot

1320
0

SERANG – Pasangan lansia Duriyah (70) dan Beki (80), warga Kampung Sungapan, RT 04/01, Desa Cibodas, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, hidup di rumah tak layak huni. Pasangan kakek nenek ini tinggal di gubuk reyot bahkan nyaris roboh. Rumah itu merupakan warisan orangtua Duriyah.

Duriyah dan Beki tinggal di sepetak rumah berbilik bambu beratap rumbia. Bagian belakang rumah yang nyaris roboh disangga batang bambu. Beberapa lembar atap rumbia telah rusak. Saat musim hujan, air membasahi bagian dalam rumah yang berlantai tanah.

Kondisi dalam rumah Duriyah.

Sehari-hari, Duriyah bekerja jualan getuk singkong. Jika jualannya habis, penghasilan Duriyah tak lebih dari sekitar Rp30 ribu. Uang pendapatannya habis untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan modal untuk membeli bahan baku dagangannya.

“Tiap hari jualannya. Keliling kampung dari pagi hingga sore. Kalau gak jualan nanti gak makan,” ujar Duriyah dengan menggunakan bahasa Jawa Serang, kepada BantenNews.co.id, Selasa (23/7/2019).

Bagian belakang rumah Duriyah yang nyaris roboh disangga bambu.

Sementara suami Duriyah bekerja serabutan dengan penghasilan yang tak pasti. Namun saat ini suaminya itu tak lagi sanggup bekerja karena kondisi fisiknya yang tak lagi kuat. “Sekarang mah sakit-sakitan,” ungkapnya.

Pasangan lansia ini memiliki dua anak yang semuanya telah berkeluarga. Namun kondisi ekonomi kedua anaknya juga tak jauh berbeda.

Duriyah mengaku sering didatangi aparat pemerintahan yang tak ia ketahui dari mana asal instansinya. “Sering motret-motret rumah, tapi gak pernah ada bantuan,” ungkapnya.

Supriyah, tetangga Duriyah berharap ada uluran tangan untuk membedah rumah pasangan ini. Ia turut prihatin dengan kondisi tempat tinggal Duriyah. “Saya sering beli getuk dari Bu Duriyah dan sering ngobrol,” ujarnya.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Supriyah mempublikasikan kondisi rumah Duriah melalui akun Facebook miliknya. Hingga berita ini diturunkan, postingan Supriyah tentang rumah Duriyah telah dibagikan pengguna medsos lainnya 1.919 kali. “Prihatin lihatnya. Semoga saja ada pihak yang mau membantu,” ungkap pemilik akun Riyah Herbalis Nasa ini. (ink/red)