Beranda Pemerintahan Presiden : TNI Selalu Menjamin Netralitas Politik

Presiden : TNI Selalu Menjamin Netralitas Politik

Joko Widodo (foto : eranusantara.com)

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, sikap TNI harus netral dalam politik di Indonesia. TNI tak boleh terkotak-kotak dalam kepentingan politik yang sempit.

Jokowi kembali menegaskan bahwa TNI merupakan milik nasional. TNI berada di atas semua golongan.

“Yang berada di atas semua golongan yang tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik yang sempit, yang selalu menjamin netralitas politik di era demokrasi sekarang ini,” ucap Jokowi dalam pidato HUT TNI ke-73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, yang dikutip detik.com, Jumat (5/10/2018).

Dia juga mengatakan, TNI selalu menjamin keutuhan wilayah nasional. TNIjuga membangun persatuan dan solidaritas antar anak bangsa.

“TNI harus memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai kekuatan dasar dalam mewujudkan sistem pertahanan semesta. TNI harus semakin maju dan profesional, serta TNI bersinergi dengan seluruh komponen bangsa,” katanya.

Jokowi menambahkan, Sumpah Prajurit yang diikrarkan dan pengucapan janji Sapta Marga yang diucapkan oleh prajurit TNI adalah fondasi moral yang kokoh bagi dedikasi TNI untuk bangsa dan negara.

“Itu adalah ikrar kesetiaan yang abadi kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Dan sekaligus ikrar sejati untuk membangun profesionalisme TNI untuk kebanggaan dan kejayaan negeri,” kata Jokowi.

“Fondasi itulah yang harus dipegang teguh oleh institusi TNI dan oleh prajurit TNI, yang membuat Indonesia kokoh berdiri menghadapi gelombang zaman yang sering bergolak, yang memperkokoh Indonesia dalam menghadapi dan memenangi persaingan global,” tambahnya. (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ