Beranda Nasional Presiden : Porang Jadi Komoditas Ekspor Andalan Baru dari Indonesia

Presiden : Porang Jadi Komoditas Ekspor Andalan Baru dari Indonesia

Presiden Joko Widodo meninjau pabrik pengolahan Porang - foto istimewa

SERANG – Pernah dengar soal tanaman porang? Sejenis umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras, shirataki, campuran produk kue, sampai kosmetik?

Menurut Presiden, Joko Widodo tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika serius menggarapnya.

“Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur,” ujarnya dikutip melalui media sosial resminya, Sabtu (21/8/2021).

Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang.

“Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 – 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga Rp40 juta dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar,” ucapnya.

“Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang,” lanjutnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini