Beranda Nasional Presiden : Pemerintah Bangun Kawasan Lumbung Pangan

Presiden : Pemerintah Bangun Kawasan Lumbung Pangan

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo menyatakan satu lagi kawasan lumbung pangan (food estate) yang sedang dibangun pemerintah. Lokasinya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.

“Sebelumnya, dua kali saya telah berkunjung ke kawasan pembangunan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah. Kalau di Kalteng untuk padi dan singkong, maka di Sumut ini yang dikembangkan pada tahap awal adalah hortikultura,” ujar Presiden dikutip dari media sosial resminya, Kamis (29/10/2020).

Untuk saat ini, di Humbang Hasundutan dibangun sebuah kawasan hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang di atas lahan seluas 215 hektare. Kita akan lihat hasilnya dua sampai 2,5 bulan mendatang.

Lumbung pangan ini nantinya mencakup lahan seluas 30.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatra Utara, yakni Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.

Tujuan pembangunan kawasan-kawasan lumbung pangan adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selain itu, dalam pengembangannya, turut diupayakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan membuka peluang usaha secara lebih efisien.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ