Beranda Nasional Presiden: Kita Butuh Kecepatan untuk Keselamatan Rakyat

Presiden: Kita Butuh Kecepatan untuk Keselamatan Rakyat

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2021 yang digelar secara virtual melalui telekonferensi, Jumat (1/5/2020).

Musrenbangnas ini untuk merencanakan pembangunan tahun depan atau tahun 2021 yang harus adaptif mengingat pandemi Covid-19 tahun ini.

Menurut Presiden, pada tahun ini pemerintah telah melakukan berbagai penyesuaian target pembangunan. Tak hanya itu, pemerintah juga melakukan realokasi dan refocusing belanja secara besar-besaran.

Bidang prioritas pun bergeser pada tiga hal, yaitu bidang kesehatan, jaring pengaman sosial bagi warga miskin, serta stimulus ekonomi agar pelaku usaha bisa bertahan dan mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Kita butuh kecepatan untuk keselamatan seluruh rakyat Indonesia. Memang belum ada kepastian kapan ini akan berakhir. Setiap ahli memiliki hitungan-hitungan yang berbeda mengenai pandemi Covid-19. Beberapa negara maju yang awalnya menyatakan sudah recover, sudah pulih, justru mengalami gelombang yang kedua,” ujar presiden melalui Facebook resminya.

“Untuk itulah, kita semua harus bersiap diri dengan berbagai skenario, dari yang ringan, sedang, hingga paling berat. Dengan berbagai skenario itu, kita siapkan langkah-langkah mitigasi dampak kesehatan maupun ekonominya. Dan sekaligus juga menyiapkan langkah-langkah pemulihan jika penyebaran Covid-19 ini sudah bisa kita kendalikan,”

“Saya yakin, dengan kedisiplinan, kecepatan, dan ketepatan langkah, Indonesia bisa melalui situasi yang berat ini,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini