Beranda Nasional Presiden Jokowi Perintahkan TNI dan BNPB Segera Lakukan Langkah Tanggap Darurat

Presiden Jokowi Perintahkan TNI dan BNPB Segera Lakukan Langkah Tanggap Darurat

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo mengatakan, dua bencana alam dalam selang waktu beberapa hari ini terjadi di Indonesia. Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang kawasan Sulawesi Barat menjelang dinihari tadi, dan bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada 9 Januari lalu.

“Mendengar adanya gempa di Sulbar, saya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui sambungan telepon, pagi tadi. Saya juga memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada yang luka-luka,” ujar Presiden dikutip dari media sosial resminya, Sabtu (16/1/2021).

Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, pihaknya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia. Semoga segenap keluarga yang ditinggalkan diberiNya kesabaran,”

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini