Beranda Bisnis Presiden Jokowi Minta Pemkot Cilegon Jaga Kestabilan Harga Pokok

Presiden Jokowi Minta Pemkot Cilegon Jaga Kestabilan Harga Pokok

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pasar Blok F Cilegon - foto istimewa

CILEGON –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kota Cilegon, Selasa (11/3/2023). Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu dalam rangka memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Blok F atau Pasar Kelapa, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Kelapa relatif stabil. Namun masih ditemukan beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti bawang merah dan bawang putih yakni sebesar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu.

“Di sini harga telur masih baik di Rp27 ribu, tapi untuk bawang merah kemaren di Boyolali Rp26 ribu, sedangkan di sini Rp35 ribu, kemudian bawang putih juga Rp40 ribu,” katanya.

Menurut Jokowi, kenaikan tersebut disebabkan pendistribusian yang masih belum baik. Untuk itu, pihaknya meminta Pemerintah Kota Cilegon untuk menjaga kestabilan harga pokok terutama menjelang Lebaran.

“Jadi memang setiap daerah berbeda-beda, tapi memang ini menunjukkan bahwa distribusinya masih belum baik. Stok enggak ada masalah, tapi yang paling penting ini kan kita menjaga agar harga itu ada kestabilan. Pemerintah daerah tahu lah apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyatakan pihaknya bakal memastikan pasokan kebutuhan pokok di Kota Baja.

“Pemerintah harus turut serta dalam rangka menurunkan harga, nanti kita coba telusuri masalah distribusi ini. Karena kalau ketersediaan sudah saya sampaikan ke beliau seperti beras kita ada kelebihan 1.156 ton,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan, ke depan dalam upaya menekan harga pokok akan selalu melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. “Agar supaya menekan angka, nanti kita coba bicarakan, kita rapatkan. Pasokan di Kota Cilegon aman sampai Lebaran,” tuturnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini