Beranda Nasional Presiden Jokowi dan Para Menteri Galang Dana untuk Korban Gempa Banten

Presiden Jokowi dan Para Menteri Galang Dana untuk Korban Gempa Banten

1898
0
Presiden Joko Widodo - foto istimewa indosport.com

SERANG – Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri dan mantan menteri Kabinet Kerja menggalang dana untuk korban gempa bumi Banten dalam pertemuan di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 6,9 terjadi di Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Jumat (2/8/2019).

Gempa itu terasa sampai di Jakarta. Banyak rumah rusak di wilayah Banten akibat gempa bumi tersebut.

“Kita sedikit-sedikit lah, ikut nyumbang,” kata Jokowi di Istana Bogor yang juga menekankan pentingnya penanganan yang cepat dan baik atas gempa bumi yang terjadi tersebut seperti dilansir bisnis.com.

Jokowi mengingatkan edukasi mengenai kebencanaan harus terus dilakukan karena gempa bumi sulit diprediksi. Jokowi mengingatkan supaya masyarakat terus waspada. “Itu tidak bisa dihitung dan diperkirakan terutama waktunya,” kata Jokowi.

Jokowi menyatakan dirinya telah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan untuk mempersiapkan masyarakat dalam proses evakuasi.

“Dan kemarin waktu di Banten itu kita melihat sebuah lompatan perbaikan yang baik, proses evakuasi itu. Bahwa kepanikan itu ada iya, namanya gempa dimanapun menyebabkan masyarakat panik, iya,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, sejak pagi sampai siang, Jokowi, para menteri dan mantan menteri beserta keluarga berkumpul di Istana Bogor melakukan senam, sarapan, bermain sejumlah permainan, menggalang donasi untuk korban gempa, menyanyi dan sebagainya.

Selain sebagian besar menteri Kabinet Kerja, para mantan menteri Kabinet Kerja yang hadir antara lain Anies Baswedan (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Khofifah Indar Parawansa (mantan Menteri Sosial), Andrinof Chaniago (mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Andi Wijayanto (mantan Sekretaris Kabinet), Badrodin Haiti (mantan Kapolri), Franky Sibarani (mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal).

(Red)