Beranda Bisnis Presiden Jokowi Borong Kerupuk Miskin Produk Warga Cilegon

Presiden Jokowi Borong Kerupuk Miskin Produk Warga Cilegon

Presiden Joko Widodo meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) di Alun-Alun Kota Cilegon, Jumat (6/12/2019). (Foto istimewa)

CILEGON – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kota Cilegon, Jumat (6/12/2019). Dalam kunjungannya itu Presiden juga meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) di Alun-Alun Kota Cilegon, Jumat (6/12/2019).

Hadir dalam acara itu Gubernur Banten Wahidin Halim yang juga mendampingi Presiden. Acara ini diikuti ribuan nasabahan Mekaar yang mayoritas kaum perempuan dan ibu-ibu.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada ibu-ibu yang mendapatkan bantuan dari Mekaar dapat gunakan sebaik mungkin, serta disiplin dalam mengangsur.

“Saya titip kalau sudah dipercaya lebih hati-hati. Kalau orang sudah tidak dipercaya sulit sekali. Pertama disiplin dalam mengangsur,” kata Presiden.

Presiden juga meminta, agar nasabah tidak menggunakan uang modal ini untuk keperluan diluar kegiatan usaha. Untuk itu Presiden berharap para ibu-ibu dapat menggunakan modal dari Mekaar digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan usaha.

Diketahui PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM telah melayani sebanyak 5.924.736 nasabah Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) per 06 Desember 2019. Nasabah yang dilayani PNM Mekaar merupakan perempuan pra sejahtera pelaku usaha mikro.

“Khusus untuk wilayah Provinsi Banten sudah ada 237.000 lebih nasabah progam Mekaar, dan selama 2019 ini kami biayai hingga Rp.720 milyar rupiah. Dan di Kota Cilegon kita ada dua kantor cabang dan jumlah nasabah hampir 7.100 nasabah yang aktif dengan total penyaluran Rp.23 milyar,” kata Direktur Utama PT.PNM Arief Mulyadi.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga berbincang dengan para nasabah. Bahkan presiden membeli produk UMKM nasabah yang diberi kerupuk miskin. Meski terdengar aneh, Presiden mengaku senang dengan produk asli Cilegon itu.

“Kerupuk miskin ini akan saya jadikan santapan makan malam nanti. Kalau bisa namanya diganti, jangan Kerupuk Miskin, bisa kan Kerupuk Kaya misalnya supaya lebih memotivasi,” kelakar Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden juga membagikan sepeda kepada nasabah yang maju dan menjawab pertanyaan.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini