Beranda Nasional Presiden : Indonesia Berpeluang Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Presiden : Indonesia Berpeluang Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pada 1 Juli 2020 lalu, Bank Dunia mengumumkan bahwa pendapatan nasional bruto (gross national income) per kapita Indonesia naik dari posisi sebelumnya $3.840 menjadi $4.050.

“Indonesia kini dikategorikan sebagai negara berpenghasilan menengah atas, dari sebelumnya negara berpenghasilan menengah bawah,” ujar Presiden melalui media sosial resminya, Sabtu (4/7/2020).

Menurut Presiden, pencapaian itu bukanlah hal yang mudah. Banyak negara dunia ketiga yang sudah puluhan tahun, bahkan mendekati satu abad, hanya berhenti sebagai negara berpenghasilan menengah, atau terjebak pada middle income trap.

“Apakah kita mempunyai peluang untuk keluar dari middle income trap? Ya, kita punya potensi dan peluang besar untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, tentu dengan sejumlah prasyarat,” katanya.

“Di antaranya yaitu infrastruktur yang efisien yang mulai dibangun oleh pemerintah, dan cara kerja cepat yang kompetitif dan berorientasi pada hasil. Untuk itu, perlu diupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, dan kompetitif,” lanjutnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini