Beranda Kesehatan Presiden : Bukan Hanya Covid-19, Tapi TBC Juga Jadi Pandemi

Presiden : Bukan Hanya Covid-19, Tapi TBC Juga Jadi Pandemi

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa bukan Covid-19 saja yang jadi pandemi, tapi juga tuberkulosis atau TBC.

“Dan TBC adalah salah satu dari sepuluh penyakit menular penyebab kematian terbanyak di dunia dan telah ditetapkan sejak lama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai sebuah pandemi,” ujar Presiden dikutip dari media sosial resminya, Selasa (21/7/2020).

Pada 2018 lalu, diperkirakan terdapat 845.000 penduduk Indonesia yang mengidap TBC, dan 98.000 orang meninggal karena penyakit menular tersebut. Sebagian besar merupakan kelompok produktif dalam rentang usia 15 hingga 55 tahun.

“Ini mesti kita waspadai. Meski kita tengah disibukkan dengan penanganan pandemi Covid-19, saya tetap menginstruksikan agar layanan diagnostik maupun pengobatan terhadap pasien tuberkulosis harus tetap berlangsung. Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi tuberkulosis pada 2030 mendatang,” katanya.

Terkait dengan itu, pola penanganan serupa Covid-19 dapat dipelajari dan diterapkan untuk meningkatkan efektivitas penanganan tuberkulosis ini. Misalnya, model pelacakan yang agresif untuk menemukan penderita pada Covid-19, juga bisa untuk mencari penderita tuberkulosis yang belum terlaporkan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini