Beranda Olahraga Prediksi Jepang vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Prediksi Jepang vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023. (IST)

JAKARTA – Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Duel ini bakal seru karena kedua tim mengincar hasil positif.

Jepang yang sejatinya diunggulkan menjadi juara Grup D secara mengejutkan nasibnya belum dinyatakan lolos ke babak 16 besar. Tim Samurai Biru kalah saing dengan Irak setelah di matchday kedua Grup D takluk 1-2.

Sedangkan Irak dipastikan mengunci satu tempat di babak 16 besar sebagai juara grup D usai mengalahkan Jepang dan Timnas Indonesia.

Jepang terkini berada di posisi kedua klasemen Grup D dengan tiga poin. Tim racikan Hajime Moriyasu itu cuma butuh minimal hasil imbang untuk bisa lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Namun, hasil imbang rasanya bukan target Jepang saat melawan Timnas Indonesia. Takefusa Kobo Cs dipercaya akan mengincar kemenangan setelah di matchday kedua kalah dari Irak.

Di atas kertas, Jepang unggul segala aspek daripada Timnas Indonesia. Jepang kini berada di posisi ke-17 ranking FIFA, jauh di atas tim Merah Putih.

Sama seperti Jepang, Timnas Indonesia punya kans yang sama melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin dan selisih gol -1. Jumlah poin tim Merah Putih setara Jepang, tetapi unggul jumlah mencetak gol (5) dan selisih gol (+1).

Artinya, Timnas Indonesia akan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D andai mengalahkan Jepang, atau bermain imbang dan melaju lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Kalahkan pun Timnas Indonesia masih memiliki peluang. Tapi, skuad Garuda harus bergantung dengan hasil dari grup lain.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjamin anak asuhannya akan mati-matian melawan Jepang. Ia sama sekali tidak mau bergantung dengan nasib tim lain.

“Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sehari jelang laga.

“Sejauh ini kami sudah menyiapkan dengan baik dan saya ingin menunjukkan bahwa bola sepak Indonesia telah berkembang dengan baik,” jelas juru taktik asal Korea Selatan itu.

Adapun Shin Tae-yong kemungkinan bakal menurunkan yang terbaik di laga ini. Komposisinya diprediksi tak jauh berbeda saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di laga kedua Grup D.

Head to Head

Pertemuan Terakhir Jepang vs Timnas Indonesia

11/07/1979: Jepang 0-0 Timnas Indonesia

24/02/1981: Timnas Indonesia 2-0 Jepang

14/09/1981: Jepang 2-0 Timnas Indonesia

28/05/1989: Timnas Indonesia 0-0 Jepang

11/06/1989: Jepang 5-0 Timnas Indonesia

Prediksi Skor: Jepang 3-0 Timnas Indonesia.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini